top of page

10 Cara Meningkatkan Penjualan untuk Mendapatkan Omzet Besar

5 Mei 2025

Bagikan Artikel Ini

Salah satu tujuan utama bisnis tentu mendapatkan omzet dan keuntungan besar. Guna mencapai hal tersebut, perusahaan tentu perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan yang tepat. Sebab, persaingan bisnis kian ketat, membuat pemilik usaha harus terus memutar otak untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan. 

Sayangnya, masih banyak pengusaha yang belum memahami dengan benar, bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis, dan hanya berfokus pada keuntungan. Hal ini terutama berlaku untuk pengusaha yang baru menggeluti sektor bisnis. Mari kita simak bagaimana cara mendongkrak penjualan yang tepat untuk mendapat omzet besar. 


Cara Meningkatkan Penjualan untuk Omzet Lebih Besar

Sebenarnya, bisnis tidak selalu soal bagaimana memperoleh keuntungan menjanjikan, tapi juga operasional yang maksimal dengan biaya minimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah meningkatkan penjualan. Berikut ini beberapa tipsnya: 


1. Pahami Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa menyediakan produk maupun layanan yang sesuai dengan harapan serta kebutuhan pelanggan. 


Baca juga: Lebih Mudah Proses Pesanan Pelanggan dengan Fitur Order Management di Labamu


2. Lakukan Riset Pasar



Meningkatkan penjualan juga tidak lepas dari riset pasar. Aktivitas ini dapat membantu kamu lebih mengerti apa yang menjadi kebutuhan serta preferensi pelanggan. Selain itu, riset yang baik membantu bisnis tetap kompetitif dan lebih mudah menarik pelanggan baru.


3. Kumpulkan Feedback Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya adalah mengumpulkan umpan balik dari para pelanggan. Cara ini efektif untuk mengetahui keunggulan bisnis dan mengidentifikasi apa yang perlu diperbaiki. 

Masukan dari pelanggan dapat menjadi acuan untuk perusahaan meningkatkan kualitas produk, layanan, serta strategi pemasaran. Selain itu, mendengarkan umpan balik dari para pelanggan juga secara tidak langsung meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan. Ini pada akhirnya akan berdampak pada loyalitas mereka.


4. Tingkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Pelanggan cenderung akan membeli dan puas dengan produk yang mempunyai kualitas terbaik, meski harga yang ditawarkan bisa saja lebih tinggi. Kepuasan mereka selanjutnya akan mendorong keinginan untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu, pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan bisnis kepada orang lain.


5. Jaga Konsistensi Kualitas

Cara meningkatkan penjualan yang tidak boleh dilewatkan adalah memastikan kualitas produk dan layanan tetap konsisten. Sebab, hal ini akan berdampak pada tingkat kepuasan sekaligus kepercayaan pelanggan. 

Pelanggan cenderung kembali membeli jika mereka merasa mendapatkan pengalaman yang baik setiap kali bertransaksi. Pastikan setiap produk yang dijual atau layanan yang diberikan selalu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


6. Berikan Layanan Pelanggan yang Responsif

Layanan pelanggan yang responsif tidak hanya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, tapi juga membangun reputasi bisnis yang baik. Pelanggan ingin mendapatkan solusi cepat saat menghadapi masalah atau memiliki pertanyaan terkait produk. Selain sigap dan cepat dalam menjawab, pastikan kamu memberikan bantuan yang solutif. 


7. Manfaatkan Pemasaran Digital

Di era digital serba canggih seperti saat ini, memanfaatkan platform online menjadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu manfaatkan: 


  • Optimalkan Media Sosial

Media sosial adalah alat pemasaran yang efektif untuk membangun brand awareness dan menarik pelanggan baru. Buat konten yang menarik, relevan, dan interaktif agar audiens lebih tertarik untuk mengenal bisnis. Gunakan strategi seperti posting rutin, kolaborasi dengan influencer, dan iklan berbayar untuk meningkatkan jangkauan.


  • Email Marketing

Selain media sosial, kamu juga dapat menerapkan strategi email marketing. Dengan secara rutin mengirimkan penawaran khusus, informasi produk, atau konten edukatif, kamu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebisa mungkin, buat email yang sifatnya personal dan menarik sehingga tidak masuk dalam kotak spam.


8. Berikan Penawaran Terbaik



Pelanggan selalu menyukai penawaran, apapun bentuknya asalkan bisa membuat mereka mendapat produk dengan harga lebih terjangkau. Ini artinya, memberikan penawaran pun menjadi cara meningkatkan penjualan yang cukup efektif.

Kamu bisa menawarkan potongan harga atau diskon produk, beli satu gratis satu, maupun program bundling. Tidak hanya berhasil menjual lebih dari satu produk, keuntungan yang kamu dapatkan juga lebih besar ketimbang hanya menjual produk satuan. 


9. Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan menawarkan reward yang menarik. Contohnya, memberikan poin yang bisa ditukar dengan diskon atau hadiah setelah sejumlah transaksi tertentu. Strategi ini dapat meningkatkan retensi pelanggan dan mendorong pembelian ulang.


Baca juga: Bundling Produk adalah Strategi Jitu untuk Meningkatkan Penjualan


10. Evaluasi dan Analisis Kinerja Penjualan

Supaya bisa meningkatkan penjualan secara kontinyu, kamu perlu melakukan evaluasi secara rutin. Dengan menganalisis data dan hasil strategi yang sudah diterapkan, kamu bisa mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki. Evaluasi yang baik akan membantu bisnis tetap kompetitif dan terus berkembang.


Demikian tadi beberapa cara meningkatkan penjualan yang bisa kamu coba untuk bisnis yang lebih menguntungkan. Namun, perhatikan bahwa meningkatkan penjualan tidak cuma tentang memberikan penawaran, kamu juga perlu memaksimalkan aktivitas operasional. 

Memanfaatkan teknologi seperti aplikasi kasir dapat membantu kamu lebih efisien dan mudah dalam mengelola stok barang dan transaksi. Labamu menjadi salah satu yang dapat kamu pertimbangkan. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam memantau operasional bisnis, sehingga kamu bisa berfokus pada meningkatkan penjualan. 

Labamu menawarkan berbagai fitur unggulan untuk efisiensi bisnis, mulai dari POS Kasir, Kelola Bahan Baku, Laporan, hingga Tagihan. Aplikasi ini pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang bisnis, seperti kuliner, fashion, pertanian, kerajinan tangan, konstruksi, dan jasa. Yuk, pakai Labamu untuk bisnis lebih cuan, operasional aman!




Coba Gratis!

Premium Member 14 Hari

Buat kamu yang baru, nikmati fitur lengkap untuk bantu kembangkan usaha

Banner-Free-Trial-V2-2.webp
bottom of page