top of page

Syarat dan Ketentuan

Tanggal efektif: Kamis, 5 Oktober 2023

Syarat dan  Ketentuan

Tanggal Efektif: 05 /10/2023 (Perubahan ke -V)


Syarat dan Ketentuan Konsumen (“Syarat dan Ketentuan”) mengatur syarat dan ketentuan yang berlaku bagi Anda sebagai Konsumen mengenai penggunaan Sistem Pembayaran Labamu yang disediakan oleh PT Laba Kita Bersama. Dengan menggunakan Sistem Pembayaran Labamu, Anda dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan berikut:


1. Pengantar 

PT Laba Kita Bersama (“Labamu”, “Kami”, atau “milik kami”) menyediakan www.labamu.co.id ("Situs") dan aplikasi seluler Labamu (“Aplikasi”) – Situs dan Aplikasi, bersama dengan informasi, fitur, dan layanan yang ada di dalamnya dapat secara bersama-sama kemudian disebut sebagai (“Layanan”). Kami menyediakan Layanan kepada Anda, sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini ("Ketentuan"). Ketika Anda menggunakan Layanan, Anda menyetujui untuk terikat oleh Ketentuan ini. 


Kami secara berkala dapat melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini (amandemen) terhadap setiap pembaharuan Syarat dan Ketentuan Labamu. Kami akan selalu memberitahukan setiap perubahan Syarat dan Ketentuan kepada Anda melalui notifikasi pada Aplikasi serta laman Labamu. 


Kami berharap Anda secara berkala membaca Syarat dan Ketentuan ini. Anda dianggap setuju terhadap setiap perubahan Syarat dan Ketentuan selama Anda terus menggunakan Layanan Kami. Ketika Anda menggunakan Layanan  Kami, Anda secara tidak langsung tunduk pada pedoman atau aturan yang berlaku pada Layanan Kami yang diberlakukan dari waktu ke waktu, termasuk, namun tidak terbatas pada, setiap fitur atau kegunaan baru (termasuk, namun tidak terbatas pada, video dan produk terkait) yang menambah atau meningkatkan Layanan Kami. Semua pedoman atau aturan tersebut merupakan bagian tidak terpisahkan dari Ketentuan ini. 


Anda diwajibkan untuk membaca Ketentuan ini dengan teliti. Pada saat Anda mengakses dan/atau menggunakan Layanan Kami, Anda menyetujui untuk terikat oleh syarat dan ketentuan di bawah ini. Apabila Anda tidak menyetujui salah satu dan/atau seluruh syarat dan ketentuan ini, Anda dapat berhenti menggunakan Layanan Kami. 


2. Layanan 

Layanan adalah produk labamu yang merupakan sistem terkomputerisasi yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi yang tidak terbatas pada perekaman catatan penjualan serta mencakup Layanan Lainnya yang tersedia pada aplikasi Labamu, kecuali apabila secara jelas dinyatakan sebaliknya, setiap fitur atau layanan baru yang menambah atau meningkatkan Layanan di masa yang akan datang, akan dianggap sebagai bagian dari Layanan dan tunduk pada Ketentuan ini. Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas keakuratan, kelengkapan, kegunaan atau ketersediaan informasi atau konten apa pun, data, teks, LSS, grafik, klip audio dan video, iklan, atau materi lainnya (secara bersama-sama, "Konten") yang dikirimkan atau tersedia melalui Layanan. Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas keputusan apa pun yang dibuat dengan mengandalkan informasi tersebut. 


3. Layanan Lainnya

Layanan lainnya merupakan barang dan/atau jasa selain layanan Labamu yang dapat dibeli melalui Aplikasi Labamu, yang disediakan oleh Pihak Ketiga yang merupakan mitra Kami atau pihak yang bekerja sama dengan mitra Kami.


4. BPJS

BPJS Ketenagakerjaan (atau selanjutnya disebut BPJS TK) adalah mitra atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Labamu sebagai penyelenggara program jaminan sosial dengan program berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Adapun ketentuan dalam penggunaan BPJS, sebagai berikut.

  • Anda dan/atau Pengguna Labamu diwajibkan untuk membayar biaya di awal dalam berlangganan premium;


  • Anda dan/atau Pengguna Labamu diwajibkan untuk membayar secara tepat waktu dalam berlangganan premium Labamu, termasuk saat masa berlangganan berakhir dan diperpanjang oleh Pengguna;

  • Labamu memberikan waktu 7 (tujuh) hari kalender kepada Pengguna setelah masa jatuh tempo berlangganan premium berakhir untuk dapat segera melakukan perpanjangan langganan premium pada aplikasi Labamu. Apabila melewati batas waktu dan Anda dan/atau Pengguna tidak memperpanjang masa berlangganan premium, maka Labamu tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk apa pun atas fasilitas BPJS TK yang telah didapatkan oleh Anda dan/atau Pengguna aplikasi Labamu.

  • Anda dan/atau Pengguna dapat melakukan klaim manfaat program BPJS TK Peserta BPU secara langsung kepada BPJS TK tanpa melalui Labamu.

  • Apabila Anda dan/atau Pengguna kembali berlangganan premium Labamu dalam masa tenggang BPJS TK, maka Pengguna akan didaftarkan kembali sebagai akun baru BPJS TK pada bulan ke-4 (empat).


Layanan Bundling Akun Premium Labamu dan BPJS

        Pengguna berhak mendapatkan Bundling kepesertaan BPJS TK apabila:

  • pengguna telah berlangganan akun premium layanan Labamu;

  • pengguna bersedia menyediakan informasi tambahan yang digunakan sebagai dasar pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan; dan

  • pengguna tidak dalam masa tenggang (grace period) BPJS ketenagakerjaan ketika pendaftaran kepesertaan BPJS menggunakan Layanan Labamu.

Mekanisme Bundling BPJS Ketenagakerjaan:

  • Pengguna yang telah memenuhi ketentuan syarat yang telah ditentukan akan didaftarkan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, Labamu akan terus membayar keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan selama Pengguna tetap berlangganan layanan Akun Premium Labamu;

  • Apabila Pengguna tidak membayar biaya berlangganan akun premium, keanggotaan BPJS ketenagakerjaan Pengguna akan memasuki masa tenggang (grace period). Pengguna akan dapat melanjutkan kembali keanggotaan BPJS ketenagakerjaan ketika masa tenggang (grace period) telah berakhir, walaupun Pengguna telah mengaktifkan layanan akun Premium Labamu pada masa tenggang (grace period) kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan;

  • Labamu tidak akan membayarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Pengguna apabila masih dalam masa tenggang (grace period). Pengguna dapat membayar secara langsung kepada Pihak BPJS (tanpa melalui Labamu) terkait keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal Pengguna ingin mengajukan klaim dalam masa tenggang (grace period) keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, walaupun Pengguna telah berlangganan akun premium labamu;

  • Syarat dan ketentuan Labamu hanya mencakup terkait pendaftaran dan pembayaran keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Pengguna Akun Premium. Sehubungan dengan syarat dan ketentuan terkait detail terkait keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, Pengguna dapat merujuk pada syarat ketentuan BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia pada laman https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Ketentuan layanan Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan:

  • Dengan menyetujui registrasi BPJS Ketenagakerjaan, Pengguna dianggap telah menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Labamu dan BPJS Ketenagakerjaan yang sedang atau akan berlaku dari waktu ke waktu;

  • Labamu tidak akan bertanggung jawab terhadap segala insiden terkait dengan kurangnya perlindungan asuransi yang timbul dari kegagalan untuk memperbarui keanggotaan akun Premium Labamu, seperti terlewatnya tenggat waktu pembayaran iuran bulanan BPJS Ketenagakerjaan karena tidak Berlangganan Akun Premium Labamu;

  • Keputusan Labamu atas segala hal yang berkaitan dengan fitur Bundling Asuransi Labamu dengan BPJS Ketenagakerjaan bersifat final dan mengikat seluruh Pengguna. Tidak ada korespondensi atau banding yang akan dilayani oleh Labamu. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara Syarat dan Ketentuan ini dengan materi pemasaran atau promosi, maka syarat dan ketentuan ini yang akan berlaku.


5. Bank Nobu

PT BANK NATIONALNOBU TBK (selanjutnya disebut dengan Bank Nobu) adalah pihak yang bekerja sama dengan Labamu terkait layanan berupa QRIS Statis. Adapun ketentuan dalam penggunaan QRIS Statis Nobu yaitu sebagai berikut.

  • Terverifikasi identitas atau KYC di aplikasi Labamu.

  • Apabil Anda dan/atau Pengguna berlangganan Premium member Labamu, maka tidak dikenakan biaya MDR.

  • Apabila Anda dan/atau Pengguna tidak berlangganan Premium member Labamu, maka dikenakan biaya MDR sebesar 0,3%.


6. Pendaftaran 

Ketika mengakses Layanan Labamu, sebagai bagian dari proses pendaftaran dan pembuatan akun, Anda mungkin diminta untuk mendaftar dan membuat akun di Layanan Labamu. Anda juga akan diminta untuk membuat kata sandi dan memberikan kepada kami beberapa informasi tertentu terkait proses pendaftaran. Anda diwajibkan untuk bertanggung jawab menjaga kerahasiaan kata sandi Anda dan seluruh aktivitas akun Anda, termasuk akses terhadap akun Anda. Apabila Anda memilih untuk mendaftar atau memberikan informasi pribadi atau data  lainnya kepada Kami, Anda menyetujui hal-hal di bawah ini.

  • Memberikan informasi secara benar, akurat, terkini, dan lengkap tentang diri dan/atau perusahaan Anda sebagaimana diminta dalam proses pendaftaran Layanan Kami.

  • Terus memelihara dan segera memperbarui informasi Anda dan/atau perusahaan Anda agar tetap benar, akurat, terkini, dan lengkap. Apabila Anda memberikan informasi yang tidak benar, tidak akurat, tidak terkini atau tidak lengkap kepada kami, dan apabila kami memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa informasi tersebut tidak benar, tidak akurat, tidak terkini atau tidak lengkap, kami berhak secara sepihak untuk memberhentikan sementara dan/atau menghentikan akun Anda serta menolak untuk memberikan akses kepada Anda sebagai penggunaan Layanan Labamu saat ini atau di masa yang akan datang.

  • Mengizinkan Labamu, penyedia layanan pihak ketiga, dan mitra yang ditunjuk oleh Labamu untuk menggunakan data pribadi Anda serta informasi lain yang Anda berikan atau kami kumpulkan tentang Anda dalam rangka:

i. menganalisis kebutuhan bisnis Anda;

ii. membuat profil perilaku dan/atau atribut Pengguna, dan;

iii. jika memungkinkan, meningkatkan fitur dan layanan Labamu yang akan membantu Pengguna dalam melakukan tindakan untuk fitur dan layanan saat ini atau yang baru.

  • Data Pribadi yang Anda berikan akan disimpan di Indonesia dan di luar wilayah Indonesia, dalam hal ini Singapura. Data pribadi Anda digunakan untuk kepentingan Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi kami, Syarat dan Ketentuan ini dan hukum atau peraturan yang berlaku di Indonesia.


Sebagai bagian dari proses pendaftaran dan pembuatan akun, Anda mungkin diharuskan untuk berbagi informasi tertentu dengan kami. Dengan menerima Ketentuan Penggunaan ini, Anda juga memberikan persetujuan untuk membagikan informasi tertentu yang relevan dengan proses pendaftaran informasi ini, yang tidak terbatas pada alamat email yang valid. Anda juga diharapkan untuk memberikan nomor telepon dengan provider Indonesia, serta alamat penagihan yang berdomisili di wilayah Indonesia.


Sebagai syarat untuk menggunakan Layanan, Anda menyetujui Ketentuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi Labamu, yang dapat diperbaharui setiap saat. Setiap informasi pribadi atau informasi lain yang Anda berikan kepada kami atau kami kumpulkan tentang Anda tunduk pada Kebijakan Privasi Labamu dan syarat dan ketentuan ini.


Kebijakan privasi saat ini dapat dilihat di Kebijakan Privasi Labamu di www.labamu.co.id.


7. Verifikasi Identitas

Anda membaca dan mengetahui bahwa dalam beberapa fitur Labamu akan mensyaratkan Pengguna untuk melakukan proses verifikasi identitas.


Dalam hal proses verifikasi identitas, Anda memberikan kuasa kepada Labamu untuk meneruskan data pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), alamat surat elektronik (email) Anda, web, nomor telepon genggam (HP), data biometrik, paspor, foto, data badan usaha, serta informasi tambahan lainnya kepada Penyelenggara Sertifikasi Elektronik sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik, dan Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan diproses lebih lanjut oleh VIDA sebagai Mitra dari LABAMU untuk keperluan penerbitan dan pengelolaan Sertifikat Elektronik.


VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai tanda bahwa data privasi Anda telah diverifikasi dan dapat dibuktikan validitasnya kepada instansi yang berwenang. Labamu, bersama dengan VIDA, dalam hal ini bertindak sebagai pengendali data berhak untuk melakukan persetujuan dan penolakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Apabila ditemukan data yang tidak lengkap, tidak akurat, tidak sah, dan/atau tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Labamu berhak untuk mengembalikan status Pengguna yang pada awalnya terverifikasi menjadi tidak terverifikasi.


Kebijakan mengenai Perjanjian Kepemilikan Sertifikat Elektronik (Subscriber Agreement), Kebijakan Privasi PSrE (CA Privacy Policy), serta Pernyataan Penyelenggaraan Sertikasi Elektronik (Certification Practice Statement) VIDA dapat diakses melalui https://repo.vida.id.


8. Akses 

Merupakan tujuan dan niat kami untuk memastikan bahwa Layanan akan selalu dapat diakses oleh Anda. Kami akan memberikan usaha terbaik, memastikan keberlangsungan dan ketersediaan Situs dan Aplikasi, dengan semua Konten dan fiturnya. 


Namun, dalam hal tertentu kami dapat menangguhkan, menghentikan, atau mengubah sebagian atau seluruh bagian Layanan tanpa pemberitahuan apa pun sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda karena alasan apa pun, Layanan atau konten dan fiturnya tidak tersedia pada suatu waktu, dan dalam periode kapan pun.


9. Situs Web Pihak Ketiga

Anda mengakui dan menyetujui bahwa kami tidak bertanggung jawab, tidak mengabsahkan atas ketersediaan tautan ke situs web di luar Layanan kami dan mitra yang bekerja sama dengan kami serta tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas Konten, iklan, barang, layanan atau materi lain, yang ada, dan yang tersedia melalui, atau disediakan oleh situs tersebut. Korespondensi atau transaksi bisnis Anda dengan, atau partisipasi Anda dalam promosi dari, situs web yang Anda temukan atau tautkan melalui Layanan, termasuk pembayaran dan pengiriman barang atau layanan terkait, dan syarat, ketentuan, jaminan atau representasi lain yang terkait dengan transaksi tersebut, adalah sepenuhnya hubungan Anda dan situs web tersebut. Anda menyetujui bahwa kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kehilangan atau kerusakan apa pun yang terjadi sebagai akibat dari transaksi tersebut atau sebagai akibat dari adanya tautan ke situs web tersebut pada Layanan. 


10. Usulan 

Kami tidak menerima atau mempertimbangkan materi, ide, atau saran kreatif selain dari yang kami minta secara khusus, untuk menghindari kesalahpahaman apabila ide Anda serupa dengan yang kami kembangkan secara independen. Mohon untuk tidak mengirimkan materi kreatif seperti gambar, karya seni orisinal, dan sebagainya. Segala komunikasi atau materi yang Anda kirimkan ke kami dengan menggunakan Layanan melalui email atau hal lainnya akan diperlakukan sebagai hal yang bersifat bukan rahasia dan non-proprietary. 


Anda bertanggung jawab atas usulan Anda sendiri. Pengiriman email atau publikasi konten apa pun termasuk, namun tidak terbatas pada foto, ilustrasi, klip audio dan video, serta konsekuensi dari pengiriman atau publikasi tersebut. Anda atau pihak ketiga pemberi lisensi, sebagaimana mestinya, akan tetap memiliki setiap paten, merek dagang, dan hak cipta untuk konten apa pun yang Anda usulkan atau tampilkan pada atau melalui Layanan dan Anda bertanggung jawab untuk melindungi hak-hak tersebut dan mendapatkan persetujuan dan otorisasi yang diperlukan, sebagaimana mestinya.


Dengan mengusulkan Konten Situs kepada kami, Anda dengan ini memberi kepada kami dan afiliasi kami lisensi yang berlaku di seluruh dunia, secara non-eksklusif, yang tidak dapat dibatalkan, dapat ditransfer, bebas hak royalti dan berkelanjutan. Dengan itu juga, kami berhak menggunakan atau menerbitkan usulan dan konten tersebut untuk tujuan apa pun, termasuk, namun tidak terbatas pada, penggunaan, perubahan, pengungkapan, transmisi, publikasi, distribusi, pembuatan karya turunan, siaran dan kiriman dalam bentuk, media atau teknologi apa pun di seluruh dunia dan berkelanjutan tanpa batasan atau kompensasi kepada Anda.


Berdasarkan kebijakan ini, kami berhak untuk menggunakan setiap ide, konsep, pengetahuan, atau teknik yang terkandung dalam Konten atau komunikasi apa pun yang Anda usulkan ke Layanan atau kepada kami untuk tujuan apa pun, termasuk, namun tidak terbatas pada, pengembangan, pembuatan, dan pemasaran produk menggunakan informasi tersebut. 


Anda menyetujui bahwa Anda akan menggunakan Layanan Kami sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, dengan mengusulkan atau mempublikasikan Konten, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki atau berhak atas Konten yang Anda usulkan; bahwa semua "hak moral" yang mungkin Anda miliki dalam Konten tersebut telah secara sukarela diberikan oleh Anda; bahwa Konten tersebut akurat; dan bahwa penggunaan Konten yang Anda berikan tidak melanggar kebijakan ini dan tidak akan menyebabkan kerugian pada orang atau entitas manapun.


Anda menyetujui untuk menjamin kami dan afiliasi kami terhadap seluruh klaim dari segala jenis dan sifat, diketahui atau tidak diketahui, yang dihasilkan dari: 

  • pelanggaran atas pernyataan, jaminan atau kewajiban Anda yang dinyatakan di sini;

  • tindakan atau Konten yang Anda berikan; atau 

  • pelanggaran hukum apa pun atau hak suatu pihak ketiga, dan membebaskan kami dan afiliasi kami dari dan terhadap setiap kerusakan, kerugian, dan pengeluaran dalam bentuk apa pun (termasuk beban dan biaya hukum yang wajar) terkait dengan klaim tersebut. 

Selain itu, kami berhak untuk menolak, menerima, mempublikasikan, menampilkan, mengubah, mempersingkat, menghapus, atau mengirimkan Konten atas kebijakan kami sendiri. 

Kami berhak untuk menghapus atau menolak untuk mempublikasikan usulan atau Konten apa pun dengan alasan apa pun. Anda memahami bahwa Anda  bertanggung jawab atas isi usulan Anda dan bukan Labamu. Konten yang Anda usulkan tidak akan tunduk pada kewajiban kerahasiaan Labamu, agen, induk, anak perusahaan, afiliasi, mitra, atau penyedia layanan pihak ketiganya dan setiap direktur, pejabat dan karyawan. Dengan mengirimkan alamat email Anda terkait dengan usulan Anda atau publikasi konten, Anda menyetujui bahwa Labamu dan penyedia layanan pihak ketiga dapat menggunakan alamat email Anda untuk menghubungi Anda (dengan akun milik Labamu yang telah terverifikasi) terkait dengan status usulan yang Anda berikan dan untuk tujuan administrasi lainnya, sesuai dengan Kebijakan Privasi kami. 


11. Pengguna

Pengguna Aplikasi Labamu menyatakan, mengetahui dan menyetujui bahwa segala dan/atau setiap hubungan hukum terkait dengan transaksi adalah antara Penjual dan Pembeli. Oleh karena itu, segala bentuk akibat yang berhubungan dengan hukum merupakan tanggung jawab antara Penjual dan Pembeli, Labamu dibebaskan dari segala tuntutan dan tanggung jawab yang ada.


Pengguna Aplikasi Labamu menyatakan, menjamin, serta  bertanggung jawab bahwa kegiatan usaha yang dimasukkan ke dalam aplikasi Labamu merupakan kegiatan usaha yang akurat dan sah dan tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Labamu berserta pihak manajemen dan karyawan tidak bertanggung jawab, tidak terlibat, dan tidak dapat dituntut secara hukum terhadap segala bentuk akibat yang berhubungan dengan hukum dari setiap tindakan maupun kegiatan usaha Pengguna Aplikasi Labamu.


Pengguna aplikasi Labamu mengetahui dan menyetujui bahwa keputusan aplikasi Labamu bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.


12. Penambahan Akun Lainnya

Setiap Pemilik Akun Utama mempunyai hak untuk menambahkan akun lainnya atau akun Pegawai dan/atau Karyawan dalam aplikasi Labamu. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh akun Karyawan merupakan tanggung jawab dari Pemilik Akun Utama.


13. Pengguna Akun Premium

Labamu memiliki layanan Akun Premium yang dapat digunakan oleh Pengguna Aplikasi Labamu. Pengguna Akun Premium akan diberikan beberapa fasilitas tertentu, antara lain:

  • pembebasan biaya transaksi;

  • hak akses terhadap Pegawai dan/atau karyawan;

  • transaksi langsung di toko online;

  • penawaran dengan termin;

  • tagihan dengan termin; serta

  • transaksi produk digital dengan harga bersaing.


Penggunaan akun premium akan dikenakan biaya berlangganan sebagaimana tercantum dalam aplikasi Labamu. Pengguna aplikasi Labamu dapat memilih paket berlangganan akun premium sesuai dengan preferensi Pengguna.


14. Perilaku Pengguna

Anda secara tegas, mengerti, dan menyetujui bahwa:

  • Labamu tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas isi dari diskusi, obrolan, publikasi, transmisi, papan buletin, dan sejenisnya di Layanan, atau atas kesalahan, penjelekan, umpatan, fitnah, kelalaian, kepalsuan, tindakan asusila, pornografi, kata-kata kotor, ancaman dan/atau bahaya, unsur SARA atau ketidaktepatan yang terkandung dalam informasi di Layanan.

  • Anda dilarang menerbitkan atau mentransmisikan konten atau materi apa pun yang, atau dapat dianggap wajar, kasar, menyinggung, melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mencemarkan nama baik, melanggar kesusilaan, memalukan, menghasut, penuh kebencian, berprasangka atau menghina ras atau agama, pornografi, atau bersifat seksual, tidak senonoh, ilegal, mengancam, melecehkan, mengintimidasi orang atau entitas mana pun yang dapat, atau mendorong perilaku yang merupakan tindak pidana, menimbulkan tanggung jawab perdata, atau melanggar hukum.

  • Labamu akan bekerja sama dengan lembaga penegak hukum atau lembaga peradilan yang meminta atau mengarahkan kami untuk mengungkapkan identitas siapa pun yang mempublikasikan atau mengirimkan informasi atau materi tersebut.

  • Transaksi yang diproses di Labamu harus sah secara hukum dan terkait dengan bisnis tempat akun Anda didaftarkan dan tidak dalam keadaan apa pun dibuat untuk aktivitas dan hal-hal yang dilarang keras berdasarkan syarat dan ketentuan ini, termasuk setiap Layanan yang Anda gunakan untuk menghindari biaya transaksi baik oleh kami atau entitas terkait lainnya. Secara khusus, Anda tidak boleh mengubah/memodifikasi/memvariasikan/membagi/mengubah transaksi yang valid dengan alasan apa pun.

  • Labamu berhak atas kebijakannya sendiri untuk menilai keabsahan transaksi yang diproses di platform kami dan membebankan biaya yang sesuai yang akan diterapkan seolah-olah Anda tidak mengubah/memodifikasi/memvariasikan/membagi/mengubah transaksi apa pun. Setiap transaksi yang tidak sah dapat menyebabkan penutupan permanen akun Anda. Aturan-aturan ini juga berlaku untuk setiap transaksi yang termasuk dalam fitur transaksi tidak terbatas di bawah berbagai layanan berlangganan kami yang mungkin telah Anda gunakan atau Anda mungkin telah dialokasikan.

  • Selain itu, Anda dilarang menggunakan Labamu untuk melakukan kegiatan yang melanggar atau menyimpang dari syarat dan ketentuan mitra atau penyedia layanan pihak ketiga kami saat menggunakan Layanan kami atau Layanan mereka di platform kami.


15. Daftar Layanan dan Barang yang Dilarang

Berikut daftar aktivitas yang dilarang untuk dilakukan oleh Anda sebagai Pengguna dengan menggunakan Layanan Kami, Layanan Pihak Ketiga, dan Mitra kami.

  • Terlibat dalam kegiatan yang melanggar hukum, Undang-Undang, peraturan atau regulasi apa pun.

  • Melakukan transaksi dan laporan keuangan yang melanggar hukum.

  • Dengan sengaja meminta atau menyakiti anak di bawah umur dengan cara apa pun.

  • Meniru atau salah mengartikan afiliasi Anda dengan Labamu (termasuk, misalnya, dengan menggunakan konten hak cipta Labamu, menggunakan logo Labamu tanpa izin, atau menggunakan merek dagang Labamu dengan cara yang membingungkan), pengguna lain, orang, atau badan, atau sebaliknya penipuan, palsu, menipu, atau menyesatkan.

  • Memasukkan kata sandi Anda atau dengan sengaja memasukkan kata sandi Pengguna lain atau dengan sengaja memasukkan data pribadi pihak ketiga yang dimaksudkan untuk meminta data pribadi tersebut dalam upaya untuk mendapatkan akses tidak sah ke bagian atau fitur apa pun dari Situs, Layanan atau Aplikasi kami atau sistem atau jaringan apa pun terhubung ke Layanan kami atau ke salah satu layanan yang ditawarkan di atau melalui Situs, Layanan, atau Aplikasi kami, dengan meretas, "menambang" kata sandi, atau cara tidak sah lainnya.

  • Melakukan kegiatan yang:


i. mengganggu;

ii. mengutak-atik;

iii. melanggar keamanan;

iv. upaya untuk menyelidiki atau memindai;

v. untuk membalikkan pencarian, melacak, atau berupaya melacak informasi apa pun tentang Pengguna lain atau pengunjung;

vi. mengambil tindakan apa pun yang membebankan beban besar yang tidak wajar atau tidak proporsional pada infrastruktur sistem atau jaringan kami atau sistem atau jaringan apa pun yang terhubung;

viii. menggunakan Layanan kami untuk mengumpulkan alamat email atau informasi pengenal pribadi lainnya; atau

viii. memalsukan identitas, menyamar sebagai seseorang, atau memanipulasi pengidentifikasi untuk menyamarkan identitas Anda atau asal pesan, pengiriman yang Anda kirimkan melalui Layanan, Situs, atau Aplikasi kami.

  • Mengganggu atau menguji kerentanan dalam Layanan kami, sistem komputer kami, jaringan, aturan penggunaan, salah satu komponen keamanan kami, tindakan autentikasi atau tindakan perlindungan lainnya yang berlaku untuk Layanan Labamu, Konten, Aplikasi, Kami.

  • Menjual akun Pengguna atau dengan cara lain menerima atau menawarkan untuk menerima kompensasi, keuangan atau bentuk lainnya untuk memengaruhi nama akun atau konten yang dimasukkan ke dalam akun.

  • Meningkatkan jumlah media sosial secara artifisial, mempromosikan Konten secara artifisial, atau manipulasi lainnya termasuk dengan:


i. menggunakan bot, skrip, atau proses otomatis lainnya;

ii. memberikan atau menerima segala bentuk kompensasi; atau

iii. cara lain.

  • Menghapus atau mengubah hak cipta, merek dagang, atau pemberitahuan kekayaan intelektual lainnya (termasuk untuk tujuan menyamarkan atau mengubah indikasi kepemilikan atau Layanan kami).

  • Menghapus atau mengubah bagian mana pun dari Layanan atau Konten kecuali sebagaimana diizinkan secara tegas berdasarkan Ketentuan kami atau, dalam hal Konten disediakan oleh pengguna lain, tanpa persetujuan tertulis dari Pengguna tersebut.

  • Menyalin, mereproduksi, mendistribusikan ulang, merekam, mentransfer, melakukan, membingkai menggunakan "tautan dalam", "mirror", "scraping", "crawling", "bots", "spider", "ripping" baik secara manual atau dengan perangkat otomatis lainnya , program, skrip, algoritma, atau metodologi, atau proses manual apa pun yang serupa atau setara atau menggunakan bagian apa pun dari Layanan atau Konten untuk melatih pembelajaran mesin atau model AI atau menyerap Layanan atau Konten kami ke dalam model pembelajaran mesin atau AI, untuk merekayasa balik, mendekompilasi, membongkar, memodifikasi, mengadaptasi, menjual, menyewakan, mengeksploitasi, menerjemahkan, mensublisensikan, menyewakan, label pribadi, memberikan kepentingan keamanan dalam mengakses, memperoleh, menyalin, memantau, atau membuat karya turunan dari bagian mana pun dari Layanan kami, Situs, Aplikasi atau Konten atau monetisasi lainnya kecuali secara tegas diizinkan berdasarkan Ketentuan atau dengan cara apa pun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau penyajian situs-situs ini untuk memperoleh atau berusaha memperoleh materi, dokumen, atau informasi apa pun melalui cara apa pun yang tidak sengaja disediakan melalui Layanan, Situs, Aplikasi atau Konten kami, dengan alasan atau tujuan, termasuk menautkan atau menampilkan kepada publik, menyiarkan, atau menyediakan untuk publik, atau penggunaan lain yang bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

  • Melanggar hak kekayaan intelektual.

  • Mengimpor atau menyalin file dan/atau data lokal apa pun yang bukan milik Anda untuk mengimpor atau menyalinnya secara ilegal.

  • Mentransfer salinan Konten yang di-cache dari Perangkat resmi ke Perangkat lain manapun melalui cara apa pun.

  • Terlibat dalam transmisi surat massal yang tidak diminta atau bentuk lain dari spam, email sampah, surat berantai, atau aktivitas komersial atau penjualan yang serupa atau tidak sah, seperti iklan, promosi, kontes, undian, perjudian, taruhan, atau skema piramida.

  • Melakukan atau berniat untuk mempromosikan tindakan ilegal dalam bentuk apa pun, termasuk pelanggaran hak kekayaan intelektual, hak privasi, hak publisitas, atau hak kepemilikan Labamu, mitra, atau penyedia layanan pihak ketiga kami, atau akan melanggar perjanjian apa pun yang Anda ikuti berpesta.

  • Memproses atau mengizinkan untuk diproses terhadap transaksi yang:

i. menunjukkan informasi pribadi pihak ketiga yang melanggar undang-undang privasi data;

ii. mengungkap informasi rahasia atau hak milik pihak ketiga atau informasi pribadi tentang diri Anda yang tidak

iii. dimaksudkan untuk disiarkan ke orang-orang di seluruh dunia;

iv. termasuk konten berbahaya seperti malware, trojan horse, atau virus, atau mengganggu akses pengguna mana pun ke Layanan Labamu;

v. mendukung skema piramida atau ponzi, program matriks, skema "cepat kaya" lainnya atau program pemasaran berjenjang tertentu;

vi. terkait dengan pembelian anuitas atau undian dengan hadiah yang tidak mendapat izin dari menteri yang menyelenggarakan bidang sosial, sistem lay-away, off-shore banking atau transaksi untuk membiayai atau membiayai kembali utang yang dibiayai dengan kartu kredit;

vii. melibatkan penjualan barang-barang tertentu sebelum penjual menguasai atau memiliki barang tersebut;

viii. oleh pemroses pembayaran untuk menagih pembayaran atas nama pedagang;

ix. terkait dengan penjualan cek perjalanan atau wesel;

terlibat dalam layanan penukaran mata uang, pencairan cek, transfer uang, rentenir, pengiriman uang atau pinjaman Syariah atau bisnis atau layanan pinjaman online yang tidak diatur;

x. melibatkan perbaikan kredit tertentu, layanan penyelesaian utang, transaksi kredit atau kegiatan asuransi;

xi. berkaitan dengan keuangan yang tidak memiliki izin terkait sesuai dengan bidang usahanya tidak terbatas pada simpan pinjam;

xii. berkaitan dengan layanan yang dianggap eksploitatif atau predator atau dianggap berdampak negatif terhadap reputasi Labamu; atau

xiii. melibatkan penawaran atau penerimaan pembayaran untuk tujuan penyuapan atau korupsi.

  • Melibatkan penjualan produk atau layanan yang diidentifikasi oleh lembaga pemerintah memiliki kemungkinan besar penipuan atau terkait dengan pengkhianatan terhadap Indonesia.

  • Memberikan tautan ke Situs, Aplikasi, atau Konten dari situs web atau halaman situs mana pun yang menimbulkan klaim tentang kekuatan penyembuhan atau peningkatan kesehatan dari zat apa pun, baik zat tersebut diproduksi, dipasarkan, dijual, atau didistribusikan oleh Labamu.

  • Membeli barang atau jasa yang ilegal atau melawan hukum, termasuk kegiatan kriminal yang berkaitan dengan pencucian uang atau kegiatan pendanaan terorisme yang berkaitan dengan teroris baik secara langsung maupun melalui pihak lain dengan cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

  • Melakukan kegiatan penipuan sebagaimana tersebut di atas atau jenis lainnya dan melakukan kegiatan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan Indonesia.

  • Bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Labamu atau syarat atau kebijakan lain yang berlaku untuk penggunaan Layanan kami oleh Anda.

  • Tanpa membatasi keumuman yang telah disebutkan sebelumnya, menyalin atau mereproduksi informasi atau materi apa pun yang disediakan oleh Labamu ke server atau lokasi lain mana pun untuk reproduksi atau redistribusi lebih lanjut secara tegas dilarang.



16. Daftar Makanan, Minuman, Kosmetik yang Dilarang:

Anda dan/atau Pengguna dilarang memproses atau mengizinkan untuk diproses transaksi yang melibatkan:

  • narkotika, steroid, zat yang dikendalikan atau produk lain yang menimbulkan risiko terhadap keselamatan konsumen;

  • perlengkapan obat, khususnya peralatan, alat, atau bahan yang digunakan dalam penyiapan, konsumsi, atau pemberian obat atau bahan ilegal;

  • obat-obatan dan bahan lain yang peredarannya dilarang atau dibatasi menurut ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia;

  • obat keras, obat bius, obat pelangsing, dan jenis obat serta bahan lainnya yang tidak memiliki izin edar resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);

  • kosmetika yang mengandung bahan berbahaya atau zat lain yang tidak memiliki izin edar resmi dari BPOM;

  • makanan/minuman yang diperbolehkan harus memenuhi hal-hal berikut:

i. izin dari BPOM dan/atau sedang dalam proses pengurusan izin BPOM yang dapat dibuktikan dengan bukti pendaftaran;

ii. tanggal kedaluwarsa yang jelas dan benar;

iii. semua makanan/minuman dikemas dan ditutup dengan baik;

iv. makanan yang mudah rusak; atau

v. minuman keras atau minuman beralkohol.


17. Daftar Barang yang Dilarang:

Anda dan/atau Pengguna dilarang untuk terlibat dalam aktivitas apa pun, memposting Konten Pengguna apa pun, atau mendaftar atau menggunakan nama pengguna atau menjual produk, yang merupakan atau termasuk hal-hal berikut.

  • Barang atau jasa yang berorientasi seksual atau bersifat seksual atau asusila, termasuk prostitusi, atau obat-obatan dewasa yang tidak memiliki izin edar dari BPOM atau yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.

  • Barang atau jasa yang melanggar hak cipta dan merek seperti nama, video, deskripsi, foto.

  • Barang atau jasa yang melanggar dianggap cabul atau mengandung kata-kata dan gambar yang kasar, kotor atau bersifat umpatan atau dipandang melecehkan atau menghina SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) atau menyebarkan ideologi yang prinsipnya bertentangan dengan Ideologi Pancasila.

  • Barang palsu, imitasi, barang bajakan.

  • Pakaian bekas yang dilarang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Senjata, seperti senjata api, senapan angin, dan segala bentuk senjata lainnya, amunisi, bagian atau aksesoris senjata api tertentu, atau senjata atau pisau tertentu yang diatur oleh undang-undang di Indonesia.

  • Mata uang asing, perangko, prangko yang dilarang diperdagangkan melalui media elektronik, kecuali telah ada izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

  • Peralatan perjudian dan perjudian online.

  • Zat atau benda yang dilaporkan memiliki kekuatan gaib dan memberikan kekuatan gaib.

  • Alat kesehatan yang wajib memiliki izin edar dari badan pengawas terkait.

  • Barang yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

  • Sertifikat atau dokumen negara.

  • Pestisida.

  • Barang curian termasuk barang digital dan virtual.

  • Barang bekas impor.

  • Perdagangan manusia, termasuk bagian tubuh atau jenazah manusia.

  • Segala jenis hewan dan tumbuhan yang dilarang oleh hukum di Indonesia.

  • Barang Kustodian, mengacu pada barang atau properti yang ditempatkan di bawah perawatan, kendali, atau hak asuh entitas atau individu tertentu. Barang-barang ini dipercayakan kepada seseorang yang bertanggung jawab atas penyimpanan, pemeliharaan, dan penanganannya dengan benar, termasuk barang-barang yang disimpan dalam kapasitas kustodian oleh pihak ketiga atas nama orang lain, seperti dalam rekening kustodian atau layanan kustodian untuk aset keuangan.

  • Barang korupsi atau barang yang diembargo.

  • Barang yang mengandung tembakau dan nikotin seperti rokok elektronik dan uap elektronik.

  • Barang yang dapat meledak atau menyala sendiri.

  • Ekspor dan impor barang yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

  • Barang yang mendorong, mempromosikan, memfasilitasi atau memerintahkan orang lain untuk terlibat dalam aktivitas ilegal.

  • Item yang mengubah, menghapus, melanggar atau melanggar hak cipta, merek dagang, hak kekayaan intelektual lainnya, hak publisitas atau privasi atau hak kepemilikan lainnya berdasarkan hukum yurisdiksi mana pun.

  • Barang-barang yang mempromosikan kebencian, kekerasan, ras atau bentuk lain dari intoleransi yang bersifat diskriminatif atau eksploitasi keuangan dari suatu kejahatan.


18. Perubahan, Penangguhan, dan Penghentian Layanan

Kami berhak setiap saat serta sewaktu-waktu untuk mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau selamanya, Layanan (atau bagian daripadanya). Anda dan/atau Pengguna menyetujui bahwa kami tidak bertanggung jawab, sejauh diperbolehkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku, kepada Anda dan/atau Pengguna atau pihak ketiga manapun atas perubahan, penangguhan, atau penghentian Layanan. 


Kami dapat melaporkan kepada pihak penegak hukum atau pihak yang berwajib berdasarkan bukti permulaan yang cukup terhadap segala perbuatan penipuan, pencucian uang, dan/atau perbuatan yang melanggar hukum Indonesia yang dilakukan melalui aplikasi Labamu.


19. Pengakhiran 

Kami berhak, berdasarkan kebijakan kami sendiri, untuk segera menangguhkan atau mengakhiri Ketentuan ini. Akun Anda dan/atau Pengguna (apabila Anda dan/atau Pengguna telah mendaftar) dan/atau akses Anda dan/atau Pengguna terhadap Layanan berserta setiap aktivitas yang terdapat dalam akun Anda dan/atau Pengguna, berdasarkan alasan tertentu, termasuk pelanggaran oleh Anda dan/atau Pengguna atas Ketentuan atau berdasarkan perilaku Anda dan/atau Pengguan yang kami anggap tidak pantas, tunduk pada ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku. Tanpa membatasi hal-hal tersebut di atas, apabila Anda dan/atau Pengguna melakukan dan  mempublikasikan gambar atau Konten apa pun ke Layanan yang melanggar hak cipta pihak manapun serta perbuatan yang melanggar hukum, tindakan tersebut akan menjadi alasan penghentian akun Anda dan/atau Pengguna. Para Pihak dengan ini menyetujui untuk mengesampingkan penerapan Pasal 1266 KUHP Perdata Indonesia, sejauh diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk mengakhiri Perjanjian ini. 



20. Hak Milik 

Anda dan/atau Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Layanan dan setiap perangkat lunak yang diperlukan yang digunakan sehubungan dengan Layanan ("Perangkat Lunak") berisi hak kekayaan intelektual dan/atau informasi rahasia, Konten dan materi lainnya yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual yang berlaku dan undang-undang lainnya (termasuk, namun tidak terbatas pada, hak cipta, merek dagang, merek layanan dan paten). Anda dan/atau Pengguna mengakui bahwa Anda dan/atau Pengguna tidak memperoleh hak kepemilikan atas kekayaan intelektual apa pun melalui penggunaan Layanan. Kecuali secara tegas diizinkan oleh kami, Anda dan/atau Pengguna tidak boleh mengubah, menyewakan, meminjamkan, menjual, mendistribusikan, membuat karya turunan berdasarkan, atau menggunakan Perangkat Lunak, Layanan atau Konten apa pun yang terkandung di dalamnya, secara keseluruhan atau sebagian. Selain itu, Anda dan/atau Pengguna tidak boleh menyalin, menggandakan, menerbitkan kembali, mengunggah, mempublikasi, mengirim atau mendistribusikan materi dari Layanan dengan cara apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami. 


Labamu, logo yang menyertai, tampilan produk dan semua kekayaan intelektual lainnya yang digunakan dalam Layanan dimiliki oleh Labamu atau afiliasi terkait. 


21. Pelepasan Jaminan 

Anda dan/atau Pengguna secara tegas memahami dan menyetujui poin-poin di bawah ini.

  • Penggunaan Layanan oleh Anda dan/atau Pengguna adalah tanggung jawab Anda dan/atau Pengguna. Layanan dan semua informasi, informasi kerahasiaan konten, layanan atau produk yang diperoleh melalui Layanan diberikan "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia". Kami secara tegas melepaskan semua jaminan dalam bentuk apa pun, baik eksplisit maupun implisit, sehubungan dengan pengoperasian Layanan atau informasi, konten, Layanan atau produk yang disertakan atau ditawarkan pada atau melalui Layanan. 

  • Kami tidak memberikan jaminan bahwa: 

(1) layanan atau informasi, konten, layanan atau produk apa pun yang diperoleh melalui Layanan akan memenuhi keinginan Anda dan/atau Pengguna;

(2) layanan tidak akan terganggu, tepat waktu, aman, atau bebas dari kesalahan; 

(3) hasil yang diperoleh dari penggunaan Layanan atau informasi, konten, layanan atau produk yang disediakan di dalamnya akan akurat atau dapat diandalkan;

(4) kualitas layanan atau informasi, konten, layanan atau produk apa pun yang Anda peroleh melalui Layanan akan memenuhi harapan Anda; dan 

(5) setiap kesalahan dalam Layanan akan diperbaiki. 

  • Setiap materi yang diperoleh dari penggunaan Layanan diperoleh atas kebijakan dan risiko Anda dan/atau Pengguna sendiri dan bahwa Anda dan/atau Pengguna akan bertanggung jawab sendiri atas segala kerusakan pada sistem komputer Anda dan/atau Pengguna atau hilangnya data yang diakibatkan dari memperoleh materi semacamnya. 

  • Tidak ada saran atau informasi, baik lisan maupun tulisan, yang Anda dan/atau Pengguna peroleh dari kami atau melalui Layanan, yang akan memberikan jaminan selain dari yang secara tegas dinyatakan dalam Ketentuan layanan. 


Kami berhak untuk mengubah kebijakan privasi serta Syarat dan Ketentuan setiap saat, untuk alasan apa pun. Kami berhak untuk  memperbaharui dan memposting kebijakan privasi serta syarat dan ketentuan yang telah diubah atas layanan kami. Segala perubahan pada kebijakan privasi serta Syarat dan Ketentuan ini berlaku ketika disebarluaskan pada Halaman ini. Kami akan memberitahu Anda dan/atau Pengguna terkait segala perubahan yang terjadi pada kebijakan ini yang ditandai dengan pembaharuan "tanggal efektif" di bagian atas Halaman ini.

Jika Anda dan/atau Pengguna memiliki pertanyaan atau komentar tentang kebijakan privasi serta syarat dan ketentuan ini, silahkan hubungi kami melalui email di cs@labamu.co.id dan diharapkan Anda dan/atau Pengguna menulis "Kebijakan Privasi" pada subjek email


Anda mengetahui dan menyetujui bahwa komentar atau saran yang Anda berikan kepada kami, dan hal tersebut tidak wajib untuk kami implementasi atau kami laksanakan.


22. Pembatasan Tanggung Jawab 

Anda dan/atau Pengguna secara tegas memahami dan menyetujui bahwa kami tidak bertanggung jawab, sejauh diperbolehkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku, untuk segala kerugian materiil atau non-materiil, termasuk namun tidak terbatas pada, kerugian atas kehilangan keuntungan, niat baik, penggunaan, data atau hal-hal tak berwujud lainnya (bahkan apabila kami telah diberitahukan tentang kemungkinan kerugian tersebut), yang berasal dari: 

  • penggunaan atau ketidakmampuan dalam menggunakan Layanan atau produk apa pun yang diperoleh melalui Layanan: 

  • akses tidak sah ke atau perubahan transmisi atau data Anda dan/atau Pengguna yang tidak disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian kami; 

  • pernyataan atau perilaku pihak ketiga manapun pada Layanan; atau

  • masalah lain yang berkaitan dengan Layanan. 


Labamu tidak bertanggung jawab baik secara materiil dan imateriil terhadap semua akibat dari adanya penyalahgunaan aplikasi Labamu oleh Pengguna dan/atau pihak lain.

Labamu tidak bertanggung jawab dari adanya keterlambatan/kesalahan/kerusakan terhadap fitur dalam Aplikasi Labamu yang dikarenakan oleh faktor jaringan atau hal lainnya yang dimiliki oleh Anda dan/atau Pengguna sehingga mengganggu jalannya Aplikasi.


23. Tidak Ada Saran Pribadi atau Keabsahan 

Situs ini, Aplikasi, dan Kontennya (termasuk setiap publikasi, komentar, email, atau informasi yang disediakan oleh pengguna) hanya untuk tujuan informasi, dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran keuangan, hukum, atau nasihat profesional apa pun lainnya. Selain pelepasan dan batasan tanggung jawab yang ditetapkan dalam Bagian 17 dan 18 di atas, kami dan afiliasi kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dan secara tegas menyangkal setiap dan semua tanggung jawab sehubungan dengan klaim atau informasi yang ditawarkan atau disediakan oleh pengguna Layanan.


23. Pemberitahuan 

Layanan dapat menyediakan pemberitahuan kepada Anda dan/atau Pengguna, termasuk, namun tidak terbatas pada, pemberitahuan atas perubahan Ketentuan ini atau hal lain dengan menampilkan pemberitahuan tersebut atau tautan pada pemberitahuan tersebut kepada Anda pada Layanan. 


24. Penyelesaian Perselisihan 

Semua perselisihan, kontroversi atau klaim yang timbul dari atau sehubungan dengan Perjanjian ini, termasuk pertanyaan tentang keberadaannya, keabsahan, pengakhiran, atau hubungan hukum yang dibentuk oleh Perjanjian ini, akan pada akhirnya diselesaikan melalui arbitrase sesuai dengan aturan arbitrase dari Dewan Arbitrase Nasional Indonesia, saat ini beralamat di Wahana Graha Lt. 1 & 2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, RT.4/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760 (Badan Arbitrase Nasional Indonesia atau “BANI”), yang untuk saat ini sedang berlaku, peraturan mana yang dianggap digabungkan dengan referensi dalam klausul ini (“Arbitrase”). Arbitrase harus dilakukan di hadapan satu (1) arbiter. Tempat Arbitrase adalah Indonesia dan bahasa Arbitrase adalah Bahasa Indonesia. 

Para Pihak secara tegas menyetujui bahwa tidak akan ada banding ke pengadilan mana pun dari keputusan atau putusan Arbitrase dan Para Pihak dengan ini mengabaikan ketentuan hukum Indonesia yang sebaliknya akan memberikan hak kepada Pihak untuk mengajukan banding atau menentang keputusan atau putusan arbitrase apa pun. dan bahwa, sesuai dengan Pasal 60 Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 Republik Indonesia Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa (UU Arbitrase dan Penyelesaian Sengketa), tidak ada Pihak yang berhak untuk mencabut, menunda, atau membatalkan putusan arbitrase, kecuali Arbitrase tersebut memberikan putusan arbitrase atau pengadilan arbitrase lain yang ditunjuk berdasarkan Bagian 16. Selanjutnya menentukan bahwa putusan arbitrase berisi atau secara tegas didasarkan pada salah satu unsur yang diatur dalam Pasal 70 UU Arbitrase dan Penyelesaian Sengketa. 


25. Keseluruhan Perjanjian, Hukum yang Berlaku, Tanpa Pengesampingan, Keterpisahan 

Pengguna tunduk terhadap Syarat dan ketentuan ini yang merupakan perjanjian layanan antara Pengguna dengan Labamu. Selain itu, Pengguna juga tunduk terhadap seluruh amandemen atau perubahan dari syarat dan ketentuan ini.


Pengguna juga tunduk terhadap syarat dan ketentuan dari Layanan Pihak Ketiga yang digunakan oleh Pengguna sebagai mitra dari Labamu.


Ketentuan ini serta hubungan antara Anda dan/atau Pengguna dengan kami diatur oleh hukum Republik Indonesia. 


Kegagalan kami untuk melaksanakan atau menegakkan hak atau ketentuan dari Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pelepasan atas hak atau ketentuan tersebut. 


Apabila ada ketentuan ini yang ditemukan tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, para pihak tetap setuju bahwa ketentuan lain dari Ketentuan ini tetap berlaku sepenuhnya. 


Kecuali ditentukan lain dalam peraturan atau hukum apa pun, klaim atau tindakan apa pun yang timbul dari atau terkait dengan penggunaan Layanan atau Ketentuan ini harus diajukan dalam 1 (satu) tahun setelah klaim atau penyebab tindakan tersebut muncul atau selamanya dilarang. 


26. Persetujuan untuk Dihubungkan 

Dengan mengirimkan informasi kontak Anda dan/atau Pengguna kepada kami, Anda dan/atau Pengguna secara tegas menyetujui untuk dihubungi oleh kami dengan segala cara komunikasi (dengan akun milik Labamu yang telah terverifikasi). Setiap penggunaan informasi pribadi Anda dan/atau Pengguna akan tunduk pada Kebijakan Privasi kami. 

Sehubungan dengan Layanan, kami mungkin memerlukan untuk atau hendak menghubungi Anda dan/atau Pengguna dari waktu ke waktu sehubungan dengan akun Anda dan/atau Pengguna atau produk atau layanan apa pun yang telah Anda dan/atau Pengguna tanyakan dan/atau selesaikan proses pendaftarannya. Anda dan/atau Pengguna menyetujui untuk dihubungi oleh kami melalui telepon, pemberitahuan tertulis, pesan email, aplikasi teks, dan pesan instan. Sehubungan dengan panggilan telepon semacam itu, Anda menyetujui penggunaan pesan suara pra-rekam/buatan dan/atau perangkat panggilan otomatis, pada nomor telepon apa pun yang terkait dengan akun Anda dan/atau Pengguna, termasuk nomor telepon seluler yang dapat menimbulkan biaya kepada Anda, atau pada alamat email apa pun atau alamat surat yang kami miliki untuk Anda dalam catatan kami atau dari basis data publik dan non-publik lain yang kami akses secara sah. 


27. Bahasa 

Ketentuan ini dibuat dan telah ditandatangani dalam Bahasa Indonesia.


28. Hubungi Kami 

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang persyaratan ini, atau jika Anda ingin melaporkan pelanggaran persyaratan ini, silakan hubungi kami di cs@labamu.co.id.

bottom of page