top of page

12 Ide Jualan Makanan Ringan Tahan Lama dan Menguntungkan

11 Juni 2024

Bagikan Artikel Ini

Mencari ide jualan makanan ringan bisa menjadi peluang emas bagi kamu yang ingin memulai bisnis dengan modal terjangkau serta potensi keuntungan besar. 

Pasalnya, di tengah meningkatnya minat masyarakat terhadap cemilan yang praktis dan lezat, makanan ringan seperti keripik pisang, basreng, dan dimsum selalu berhasil menarik perhatian.

Melalui artikel ini, kita akan membahas berbagai ide usaha makanan ringan yang dapat kamu coba, lengkap dengan alasan dan kelebihan masing-masing. Mulai dari keripik pisang yang renyah, basreng yang gurih, hingga dimsum yang lezat, berbagai cemilan ini menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan.


12 Ide Jualan Makanan Ringan yang Bisa Kamu Coba

Berikut ini beberapa ide jualan makanan ringan yang pasti menguntungkan sehingga bisa kamu jadikan referensi!


1. Keripik Pisang



Keripik pisang selalu menjadi pilihan populer di kalangan pecinta cemilan. Pisang mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau, menjadikannya bahan baku yang efisien. Selain itu, cemilan ini memiliki daya tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan produk usaha.

Keripik pisang memiliki tekstur renyah dan rasa manis alami yang disukai banyak orang. Kamu bisa mengkreasikannya dengan berbagai rasa, seperti asin, manis, atau pedas. Ini memberikan variasi produk yang menarik bagi konsumen.

Selain itu, proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak memerlukan peralatan canggih, sehingga modal awal yang dibutuhkan relatif kecil.


2. Basreng (Bakso Goreng)



Basreng atau bakso goreng adalah makanan ringan yang sudah cukup dikenal dan digemari oleh berbagai kalangan. Makanan ringan ini berbahan dasar bakso yang digoreng hingga renyah, memberikan sensasi gurih yang menggugah selera.

Basreng memiliki kelebihan dari segi rasa dan tekstur yang unik. Makanan ringan ini bisa divariasikan dengan berbagai bumbu, seperti pedas, asin, atau bahkan manis. Proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit dan bisa diproduksi dalam skala kecil maupun besar.

Selain itu, basreng memiliki masa simpan yang cukup lama, sehingga cocok untuk dijual secara online maupun offline.


3. Dimsum



Dimsum adalah makanan ringan khas Asia yang sangat digemari karena rasanya yang lezat dan variannya yang beragam. Popularitas dimsum tidak hanya terbatas di negara asalnya, tetapi juga telah mendunia, termasuk di Indonesia.

Dimsum memiliki kelebihan dari segi keanekaragaman isian dan cara penyajian. Mulai dari dimsum kukus hingga goreng, setiap varian menawarkan rasa yang berbeda.

Bahan-bahannya pun bervariasi, dari ayam, udang, hingga sayuran, sehingga bisa menarik berbagai selera. Selain itu, dimsum bisa dibuat dalam porsi kecil yang praktis dan ekonomis untuk dijual.


4. Cireng



Cireng atau aci digoreng, adalah cemilan khas Sunda yang telah mendapatkan tempat di hati banyak orang. Cireng mudah dibuat dengan bahan utama tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu sederhana. Dengan bahan baku yang murah dan mudah didapat, usaha cemilan yang satu ini sangat potensial untuk dijalankan.

Cireng memiliki kelebihan dari segi tekstur kenyal dan rasa gurih yang khas. Kamu bisa mengkreasikan cireng dengan berbagai isian, seperti keju, sosis, atau ayam suwir, yang akan menambah nilai jualnya.

Selain itu, cireng bisa dikemas dalam bentuk frozen food, sehingga bisa dijual lebih luas dengan masa simpan yang lebih lama. Proses produksinya juga relatif mudah dan tidak memerlukan peralatan khusus, sehingga cocok untuk usaha rumahan.


5. Keripik Tempe



Keripik tempe adalah salah satu cemilan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Tempe sebagai bahan dasar memiliki kandungan gizi tinggi dan harganya relatif murah. Pasar untuk keripik tempe juga sangat luas karena cemilan ini cocok dinikmati oleh berbagai kalangan usia.

Keripik tempe memiliki kelebihan dari segi rasa yang gurih dan renyah. Selain itu, keripik tempe kaya akan protein, menjadikannya pilihan cemilan yang lebih sehat dibandingkan dengan cemilan lainnya.

Kamu bisa mengkreasikan rasa keripik tempe, seperti rasa pedas, manis, atau asin, untuk menarik lebih banyak konsumen. Proses pembuatannya cukup sederhana dan bisa diproduksi dalam skala besar maupun kecil, membuatnya ideal untuk usaha skala rumahan hingga industri.


6. Rengginang



Rengginang adalah ide jualanan makanan ringan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang dikeringkan dan digoreng. Makanan ringan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang khas, menjadikannya favorit banyak orang.

Rengginang memiliki kelebihan dari segi daya tahan yang cukup lama setelah digoreng, sehingga bisa dijual dalam kemasan besar dan disimpan untuk waktu yang lama. Kamu bisa mengkreasikan rengginang dengan berbagai rasa, seperti bawang putih, terasi, atau manis.

Proses pembuatannya juga relatif mudah, meskipun membutuhkan waktu untuk pengeringan. Rengginang bisa dijual dalam berbagai ukuran kemasan, menjadikannya fleksibel untuk pasar yang berbeda.


7. Makaroni



Makaroni sebagai bahan dasar cemilan memiliki popularitas yang tinggi di kalangan semua usia. Bahan ini mudah didapat dan harganya terjangkau, menjadikannya pilihan yang baik untuk usaha makanan ringan tahan lama.

Makaroni memiliki kelebihan dalam hal fleksibilitas rasa dan tekstur. Kamu bisa mengkreasikan makaroni dengan bumbu pedas, keju, barbeque, dan banyak lagi. Proses pembuatannya juga cukup sederhana dan cepat, serta bisa diproduksi dalam jumlah besar.

Selain itu, makaroni goreng atau kering memiliki masa simpan yang cukup lama, sehingga bisa dijual dalam kemasan praktis dan menarik. Makaroni juga populer sebagai cemilan sehat jika diolah dengan cara yang lebih sehat seperti dipanggang.


8. Keripik Bayam



Keripik bayam adalah cemilan yang menggabungkan kelezatan dan kesehatan. Bayam sebagai bahan dasar kaya akan nutrisi dan mudah didapat. Tren gaya hidup sehat membuat keripik bayam semakin diminati, sehingga potensial sebagai usaha cemilan.

Keripik bayam memiliki kelebihan dari segi kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin A, C, dan zat besi. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuatnya disukai banyak orang. Kamu bisa mengkreasikan keripik bayam dengan berbagai bumbu, seperti bawang putih, keju, atau pedas.

Proses pembuatannya cukup sederhana, dan produk akhir memiliki masa simpan yang cukup lama. Keripik bayam juga bisa dijual sebagai cemilan sehat yang sesuai dengan tren pasar saat ini.


9. Gorengan



Gorengan adalah cemilan yang sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. cemilan ini selalu laris manis di berbagai kesempatan, baik sebagai makanan ringan sehari-hari maupun cemilan saat acara spesial. Bahan-bahannya mudah didapat dan harganya terjangkau, menjadikannya pilihan yang menarik untuk usaha makanan ringan.

Gorengan memiliki kelebihan dari segi variasi yang bisa disesuaikan dengan selera pasar. Kamu bisa membuat berbagai jenis gorengan seperti tahu isi, bakwan, pisang goreng, tempe mendoan, dan banyak lagi. Proses pembuatannya relatif cepat dan bisa diproduksi dalam jumlah besar.

Gorengan juga memiliki margin keuntungan yang baik karena biaya produksi yang rendah dan harga jual yang tetap kompetitif. Selain itu, gorengan selalu menjadi pilihan favorit di berbagai kalangan, sehingga pasar untuk cemilan ini sangat luas.


10. Donat



Donat adalah salah satu cemilan yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya digemari oleh berbagai kalangan. Bahan baku donat seperti tepung, gula, dan telur mudah didapat dan relatif murah.

Donat memiliki kelebihan dalam hal variasi rasa dan topping yang bisa dikreasikan. Kamu bisa membuat donat dengan berbagai rasa seperti coklat, keju, matcha, hingga rasa tradisional seperti pandan. Selain itu, donat bisa dihias dengan berbagai topping seperti meses, kacang, atau glaze, yang membuatnya lebih menarik.

Proses pembuatannya cukup sederhana dan donat bisa dijual dalam kemasan menarik untuk meningkatkan daya tarik. Donat juga memiliki margin keuntungan yang baik karena biaya produksinya yang tidak terlalu tinggi.


11. Salad Buah



Salad buah adalah cemilan sehat yang semakin populer di kalangan masyarakat yang peduli kesehatan. Menggabungkan berbagai buah segar dalam satu porsi membuat salad buah kaya akan vitamin dan serat.

Salad buah memiliki kelebihan dari segi kesehatan dan kesegaran. Kombinasi buah-buahan segar memberikan rasa yang manis dan menyegarkan tanpa perlu tambahan gula berlebih. Selain itu, salad buah bisa disajikan dengan berbagai tambahan seperti yogurt, keju, atau madu, yang membuatnya lebih variatif dan menarik.

Proses pembuatannya sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus, sehingga bisa dijalankan sebagai usaha rumahan. Salad buah juga bisa dikemas dalam cup atau bowl yang praktis dan menarik, memudahkan konsumen untuk menikmatinya kapan saja.


12. Sosis Bakar



Sosis bakar adalah cemilan yang sangat populer, terutama di acara-acara outdoor seperti bazar, pasar malam, atau festival. Rasanya yang gurih dan cara penyajiannya yang menarik membuatnya digemari oleh semua kalangan.

Sosis bakar memiliki kelebihan dalam hal rasa yang bisa disesuaikan dengan berbagai bumbu dan saus. Kamu bisa menawarkan sosis bakar dengan bumbu pedas, manis, keju, atau saus BBQ yang menggugah selera.

Proses pembuatannya cepat dan mudah, serta tidak memerlukan banyak peralatan. Sosis bakar juga memiliki margin keuntungan yang baik karena biaya bahan baku yang bisa disesuaikan dengan anggaran. Selain itu, penyajian sosis bakar yang menarik dan aroma yang menggoda membuatnya sangat diminati di berbagai acara.

Ide jualan makanan ringan yang telah kita bahas menunjukkan bahwa dengan kreativitas dan kerja keras, kamu bisa menciptakan produk yang diminati pasar. Mulai dari donat yang manis hingga sosis bakar yang gurih, setiap cemilan memiliki potensi untuk menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Untuk mendukung kesuksesan bisnismu, kamu bisa menggunakan aplikasi Labamu. Menggunakan fitur atur bahan baku, Labamu membantu kamu mengelola bahan baku usaha dengan lebih rinci dan menyeluruh, memastikan efisiensi dan kualitas produk tetap terjaga.

Kunjungi Labamu dan download aplikasi Labamu sekarang juga. Hanya dengan biaya berlangganan Rp 116 ribu per bulan, semua fitur bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan proses penjualan dan menerima pembayaran secara digital.


bottom of page