Bisa Dipercaya Pelanggan Penting untuk Perkembangan Bisnis, Ini Cara Melakukannya!
9 Juni 2025
LabamuHub
Bagikan Artikel Ini

Dalam bisnis apa pun, pelanggan harus mempercayai produk atau layanan kamu untuk melakukan transaksi. Apalagi ada banyak penipuan yang bisa membuat orang curiga. Padahal, kepercayaan sangat penting untuk perkembangan bisnis.
Pelanggan mendasarkan kepercayaan ini pada faktor-faktor, seperti reputasi dan nilai yang diberikan kepada brand, untuk menciptakan hubungan saling percaya. Penting untuk dicatat bahwa kepercayaan tidak dibangun dalam semalam karena dibutuhkan waktu, upaya, dan konsistensi untuk mendapatkannya.
Untuk membangun kepercayaan yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis kamu, berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.
Mengapa Kepercayaan Itu Penting?
Ketika pelanggan mempercayai sebuah brand kamu, mereka lebih cenderung untuk bertransaksi. Ini berarti mereka lebih mungkin untuk membeli produk atau layanan kamu, yang mengarah pada peningkatan penjualan dan pendapatan.
Pelanggan yang mempercayai sebuah brand juga lebih mungkin untuk brandomendasikannya kepada orang lain. Pemasaran dari mulut ke mulut ini sangat berharga karena membantu menarik pelanggan baru dan mengembangkan bisnis.
Kepercayaan brand juga dapat membantu menciptakan loyalitas di antara para pelanggan. Ketika pelanggan mempercayai produk atau layanan kamu, mereka cenderung untuk tetap menggunakannya, bahkan ketika ada pilihan lain yang tersedia.
Cara Tingkatkan Kepercayaan untuk Perkembangan Bisnis
Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan perusahaan untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan demi perkembangan bisnis.
1. Aktif dan Tingkatkan Kehadiran di Media Sosial
Memiliki kehadiran yang kuat di platform media sosial populer, seperti Facebook, Instagram, X, atau TikTok, adalah hal yang sangat penting untuk membangun kepercayaan dalam bisnis.
Caranya adalah dengan rutin memposting konten berkualitas tinggi yang relevan dengan audiens target. Misalnya, jika bisnis kamu adalah pakaian, kamu dapat memposting tips mode atau inspirasi gaya untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seorang ahli di bidang tersebut.
Kamu juga harus cepat menanggapi komentar atau ulasan, baik yang positif maupun negatif. Dengan melakukannya, ini menunjukkan bahwa kamu mendengarkan pelanggan dan bersedia untuk mengatasi masalah mereka.
Cara jitu lain untuk membangun kepercayaan brand melalui media sosial adalah dengan memposting foto atau video pelanggan saat menggunakan produk atau layanan kamu. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan karena menunjukkan bukti nyata penggunaan produk atau layanan kamu.
2. Bersikap Jujur dan Transparan
Dalam menjalankan bisnis, kamu harus bisa bersikap tulus, jujur, dan transparan dalam interaksi dengan pelanggan. Misalnya, jika kamu melakukan kesalahan, akui saja dan minta maaf. Jangan mencoba menyembunyikannya atau mencari-cari alasan yang hanya akan merusak reputasi dan membuat orang kehilangan kepercayaan pada brand kamu.
Lalu, bersikap terbuka tentang perusahaan, produk, dan proses kamu menghasilkan produk atau jasa. Jika kamu transparan dalam menjalankan bisnis, ini akan menunjukkan bahwa tidak ada yang disembunyikan dan kamu bangga dengan produk atau layanan yang diberikan.
3. Terima Feedback dan Perbaiki demi Perkembangan Bisnis
Untuk membangun kepercayaan, kamu harus terbuka terhadap feedback pelanggan dan bersedia melakukan perubahan berdasarkan apa yang diinginkan mereka. Ingat, tidak ada bisnis yang sempurna dan akan selalu ada ruang untuk perbaikan.
Dengan menerima feedback dan melakukan perubahan yang sesuai, ini menunjukkan bahwa kamu mendengarkan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi mereka.
4. Jangan Lupa Bangun Kepemilikan Merek
Banyak orang berpikir bahwa membangun kepercayaan brand adalah tentang pemasaran. Namun, sebenarnya ini dimulai dari produk. Jika kamu memiliki produk yang hebat, pelanggan secara alami akan mulai mempercayai brand kamu.
Bahkan, sebelum mulai berpikir tentang pemasaran, pastikan kamu memiliki pondasi yang kuat untuk dibangun. Setelah memilikinya, kamu bisa mulai memikirkan cara-cara untuk memasarkan produk dan membangun kepercayaan brand.
5. Tampilkan Wajah Kamu sebagai Pemilik
Jika kamu membiarkan pelanggan melihat siapa diri kamu sebagai pemilik dan orang di balik brand yang digunakannya, ini akan membantu konsumen merasa lebih terhubung pada tingkat yang lebih pribadi. Pelanggan akan merasa menjadi bagian dari brand yang kamu miliki.
Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memposting video di media sosial yang memperkenalkan diri kamu serta orang-orang yang terlibat dalam bisnis kamu.
6. Ceritakan Kisah Kamu
Konsumen ingin tahu bahwa ada kisah di balik brand yang mereka beli. Jadi, jangan takut untuk menceritakan kisah brand yang kamu miliki. Ini adalah cara yang sangat baik untuk terhubung dengan konsumen dan membangun kepercayaan.
Faktanya, menceritakan kisah yang kamu miliki saat membangun brand ini, membuat bisnis lebih mudah dipahami dan membantu membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.
7. Bersikap Konsisten demi Perkembangan Bisnis
Salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk membangun kepercayaan brand adalah konsisten. Ini berarti konsisten dengan nilai-nilai, pesan, visual, dan identitas brand secara keseluruhan.
Penting untuk diingat bahwa kepercayaan dibangun dari waktu ke waktu, jadi sangat penting untuk konsisten dalam segala hal yang kamu lakukan. Jika kamu tidak konsisten, pelanggan kemungkinan besar akan bingung dan kehilangan kepercayaan pada brand kamu.
Selain itu, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membantu brand kamu agar makin dikenal dan dipercaya pelanggan adalah bergabung dengan LabamuHub dari Labamu, yang memiliki program Branding & Sosialisasi. Ini adalah komunitas bisnis yang tepat untuk membangun koneksi dan berkolaborasi dengan pebisnis lain, baik dari satu maupun lintas industri.
Jika sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, di komunitas ini kamu juga bisa mengikuti program Ekspansi Bisnis dan Ekspor yang memberikan dukungan untuk membuka peluang bisnis lebih luas sampai ke pasar Internasional. Kamu akan juga akan diberikan akses ke onboarding, training, dan berbagai workshop untuk membantu berkembang.
Jadi, demi perkembangan bisnis yang semakin signifikan, pastikan kamu bergabung dengan LabamuHub dari Labamu!