Fitur Campaign Management Labamu: Jadi Lebih Mudah Kirim Kampanye pada Pelanggan
11 Juli 2025
update labamu, fitur
Bagikan Artikel Ini

Menyelami dunia marketing, campaign management bisa terasa sangat sulit. Ada banyak pertanyaan yang harus kamu jawab, yang bahkan kamu sendiri bingung cara menjawabnya. Untungnya, sekarang sudah ada fitur terbaru dari Labamu yang bisa membantu.
Pertanyaan seperti, harus mulai marketing campaign dari mana dan bagaimana mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, bisa kamu lakukan melalui fitur terbaru Labamu, Campaign Management.
Namun, sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai fitur tersebut, kamu sebaiknya tahu dengan lebih jelas terlebih dahulu mengenai campaign management software.
Pengertian Campaign Management
Campaign management atau kampanye pemasaran adalah upaya pemasaran yang terkonsentrasi, biasanya difokuskan pada satu pesan yang disebarkan melalui berbagai saluran, untuk mencapai satu tujuan tertentu.
Sebuah strategi atau rencana pemasaran dapat memiliki beberapa kampanye yang berjalan secara bersamaan. Misalnya, kamu dapat memiliki satu kampanye untuk membangun awareness dan kampanye lainnya untuk mendorong pembaruan.
Campaign Management Software
Sesuai namanya, ini adalah alat yang memungkinkan kamu merencanakan, melaksanakan, dan memantau kampanye pemasaran di satu tempat. Ini seperti memiliki pusat komando digital yang membuat kamu dapat melacak segala sesuatu, mulai dari email blast hingga postingan media sosial untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.
Tujuan utama software ini adalah untuk merampingkan organisasi dan pelaksanaan kampanye pemasaran sehingga memudahkan untuk berkolaborasi dan tetap berada di jalurnya.
Tidak hanya menghemat waktu, campaign management software juga membuat aktivitas pemasaran lebih berdampak sehingga membebaskan waktu bagi kamu untuk fokus melakukan hal yang terbaik.
Berikut adalah dampak penggunaan campaign management software untuk meningkatkan kinerja pemasaran.
Sebagai perencanaan karena berfungsi sebagai platform terstruktur yang dapat dengan jelas menguraikan strategi dan jadwal untuk memastikan kampanye, mulai dari promosi produk hingga logistik acara.
Mengotomatiskan dan mengoordinasikan tugas-tugas di berbagai saluran, seperti mengirimkan email blast ke pelanggan dan calon pelanggan, memperbarui detail di media sosial, dan semacamnya.
Meningkatkan segmentasi dengan menggunakan data untuk membagi pelanggan ke dalam kelompok-kelompok yang tepat berdasarkan demografi, perilaku, dan preferensi.
Menyediakan analisis yang membantu memahami saluran mana yang paling efektif untuk menjangkau setiap calon pelanggan yang menjadi target. Dengan informasi tersebut, kamu dapat mendedikasikan sumber daya dengan lebih efisien dan efektif.
Dapat menyederhanakan proses alokasi anggaran. Misalnya, mengalihkan dana ke area yang lebih produktif, seperti penjangkauan komunitas atau direct mail.
Fitur yang Harus Ada dalam Campaign Management Software
1. Kolaborasi
Software harus memudahkan untuk bekerja bersama, bahkan ketika semua orang tidak berada di tempat yang sama. Beberapa fitur spesifik yang harus dicari meliputi:
Akses berbasis peran sehingga pengguna tertentu dapat memberikan atau membatasi akses ke kemampuan, fungsi, dan data sensitif.
Alur kerja untuk mendorong kolaborasi dan mengurangi kesalahan karena semuanya ditugaskan dan disetujui oleh orang yang tepat.
Aturan akses template untuk memastikan bahwa anggota tim hanya mengedit kampanye dan konten pemasaran yang ditunjuk dengan benar.
2. Otomatisasi Pemasaran di Berbagai Saluran
Kampanye pemasaran harus memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut di berbagai saluran. Namun, pastikan fitur campaign management memungkinkan untuk mengatur dan membedakan pesan di berbagai saluran.
3. Kemudahan Penggunaan
Fitur harus bisa digunakan secara intuitif dan mudah dilatih oleh orang lain.
4. Penyimpanan dan Manajemen Data
Fitur harus dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan data dengan aman serta efisien. Data pelanggan secara real-time sangat penting untuk segmentasi, penargetan, dan personalisasi pelanggan yang tepat.
5. Analisis yang Mudah Digunakan
Sangat penting untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye dan menilai kemajuan. Analisis harus menunjukkan pesan dan konten apa yang berkinerja baik dan bagaimana prospek merespons kampanye tersebut.
Fitur Terbaru Labamu: Campaign Management
Jika kamu merasa sudah memerlukan software campaign management untuk membantu pemasaran bisnis, tak perlu bingung-bingung mencari yang terbaik. Sekarang aplikasi Labamu memiliki fitur terbaru bernama Campaign Management.
Dengan Campaign Management, kamu bisa mengirim pesan kepada pelanggan melalui berbagai channel seperti WhatsApp, Email, dan SMS. Fitur ini memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan menjaga mereka agar tetap kembali ke toko kamu.
Keuntungan Menggunakan Fitur Campaign Management
Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan jika menggunakan fitur ini di Labamu.
Kampanye Multichannel. Kamu bisa mengirim pesan melalui channel yang paling sesuai dengan preferensi pelanggan.
Pantau Secara Real-Time. Untuk mengecek laporan performa kampanye, tak perlu menunggu karena karena bisa dilakukan secara langsung.
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Fitur ini bisa membuat pelanggan selalu ingat dan kembali ke toko kamu.
Bayar Sesuai Pemakaian. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghemat biaya promosi karena hanya membayar saat menggunakannya.
Cara Membuat Kampanye di Fitur Campaign Management
Tertarik untuk mulai menggunakan fitur ini? Berikut adalah cara untuk membuatnya.
Login ke Dashboard Campaign Management melalui Labamu Desktop.
Klik menu "Campaign" dan pilih "Campaign Baru" untuk membuat kampanye baru.
Pilih Channel Campaign: Email, WhatsApp, atau SMS, lalu isi detail kampanye yang diinginkan.
Lanjutkan ke Pembayaran dan kirim kampanye ke pelanggan.
Cek laporan kampanye di menu Dashboard untuk melihat performa setiap pesan.
Jadi, tunggu apalagi? Untuk memudahkan kamu melakukan kampanye pemasaran, segera gunakan fitur Campaign Management, yang tersedia untuk pengguna Labamu Premium dan Pro.