top of page

Franchise Kopi Kenangan, Kira-kira Berapa Modalnya?

28 November 2024

Bagikan Artikel Ini

Menjadi salah satu merek es kopi dengan pertumbuhan tercepat, membuat informasi seputar franchise Kopi Kenangan kian dicari. 

Per September 2024, tercatat Kopi Kenangan memiliki lebih dari 800 outlet yang tersebar di berbagai kota. Lantas bagaimana sih cara bergabung dengan Kenangan Group? Yuk, cari tahu caranya di sini!


Perjalanan Kopi Kenangan

Kopi Kenangan dirintis tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Pranoto. Gerai pertamanya ada di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta Selatan.

Berbeda dengan kedai kopi lainnya di masa itu, Kopi Kenangan termasuk salah tau kedai kopi pertama yang mengusung konsep grab and go. Berkat keunikan konsep dan cita rasanya, popularitas Kopi Kenangan semakin melejit.

Hingga September 2024, tercatat mereka telah memiliki 868 gerai yang tersebar di 64 kota dan beroperasi di tiga negara, yakni Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Siapa sangka, kedai yang tadinya dimulai oleh dua orang ini kini telah mempekerjakan lebih dari 5.000 karyawan dan menjual lebih dari 30 juta gelas kopi di tahun 2020!


Baca juga: Perbedaan Franchise dan Kemitraan, Mulai Pengertian hingga Dukungannya


Keunggulan Utama Kopi Kenangan



Dibandingkan dengan merek coffee shop lainnya, sedikitnya ada lima keunggulan utama yang dimiliki Kopi Kenangan, yaitu seperti berikut ini.


1. Cepat Balik Modal

Di hari pertama pembukaan, Kopi Kenangan berhasil menjual 700 gelas kopi dan per tahun 2020 lalu, mereka telah menjual lebih dari 30 juta gelas kopi. Maka tak heran kalau para pengamat bisnis memperkirakan Kopi Kenangan bisa mencapai titik impas alias balik modal hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Selain itu, karena mengusung konsep grab and go, mereka tidak butuh modal ekstra untuk menyediakan fasilitas “bersantai” bagi para pelanggannya. Walau sekarang ini mereka mulai menambahkannya sebagai salah satu aspek layanan pelanggan.


2. Brand Recognition

Selain balik modal dalam waktu relatif singkat, Kopi Kenangan tahu bagaimana cara memanfaatkan nama besarnya untuk menarik pelanggan. Kesuksesan mereka membangun brand recognition yang kuat tentu menjadi nilai plus.

Bahkan brand yang satu ini berhasil memikat tiga tokoh kenamaan, seperti rapper asal Amerika Jay-Z, petenis dunia Serena Williams, dan salah satu pendiri Facebook Eduardo Saverin.


3. Variasi Produk

Komitmen Kopi Kenangan dalam meracik produk memang patut diacungi jempol. Selain menyajikan lebih dari 30 variasi menu kopi, mereka juga menghadirkan produk tea-based yang tentu rasanya tak kalah nikmat.

Bukan hanya itu, mereka juga menjual aneka tumbler sebagai official merchandise yang kualitas dan desainnya nggak kalah dari toko kopi luar negeri.


4. Quality Control

Komitmen Kopi Kenangan untuk menjaga kualitas juga perlu diakui. Bahkan mereka “rela” tidak membuka kerja sama dalam bentuk franchise demi mempertahankan konsistensi dan kualitas produk.

Itu artinya, setiap gerai Kopi Kenangan tidak dimiliki oleh individu melainkan dikelola sendiri oleh Kenangan Group. Namun, jangan salah mereka tetap menerima pendanaan investor kok. Bahkan mereka adalah unicorn F&B pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan pendanaan senilai Rp 1,3 triliun.


5. Inovasi Digital

Keunggulan lain dari merek yang satu ini adalah inovasi digital yang mereka lakukan. Bahkan mungkin tidak terpikir olehmu kenapa kedai kopi harus “repot-repot” mengembangkan aplikasi.

Namun, itulah yang mereka lakukan. Kenangan Group berusaha meningkatkan layanannya melalui platform digital dan mengembangkan aplikasi sehingga pelanggan bisa memesan kopi secara online, lalu mengambilnya ke outlet tanpa perlu mengantre.


Syarat Bergabung dengan Franchise Kopi Kenangan



Sahabat Labamu boleh jadi bingung saat membaca poin ke empat di bahasan sebelumnya. Namun, itulah faktanya. 

Hingga saat ini Kenangan Group memang tidak menyediakan opsi franchise Kopi Kenangan layaknya bisnis F&B lainnya. Sekali lagi, ini demi menjaga kualitas dan konsistensinya. 

Sejauh ini, mereka lebih memilih model kerja sama yang tertutup dengan investor, lalu menerima dan mengelola modal dari investor secara independen. 

Dan sejauh pantauan Labamu hingga artikel ini ditulis, Kenangan Group belum menawarkan saham ke publik alias IPO (Initial Public Offering) seperti perusahaan unicorn lainnya.

Maka, perlu ditekankan sekali lagi bahwa opsi franchise Kopi Kenangan tidak tersedia setidaknya hingga saat ini. 


Baca juga: Biaya Franchise Mie Gacoan, Apa Saja Syaratnya dan Bagaimana Cara Daftarnya?



Alternatif Bergabung dengan Kenangan Group

Meski Kenangan Group tidak membuka kerja sama dalam bentuk franchise, tapi masih ada dua opsi yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menjadi bagian grup es kopi ini.


1. Mengajukan Joint Venture

Kalau kamu sangat bersikeras dan cukup percaya diri untuk ambil bagian dalam bisnis ini, kamu mungkin bisa mengajukan joint venture. 

Meski begitu, perlu kamu ketahui bahwa ini tidak mudah. Ada proses panjang dan berliku hingga kedua perusahaan mencapai kata sepakat untuk beraliansi.

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah ini, joint venture adalah aliansi dua bisnis atau lebih yang saling menggabungkan kekuatan masing-masing untuk menjalankan usaha bersama demi mencapai tujuan yang lebih besar. Sederhananya, joint venture adalah perusahaan patungan. 


2. Mengakuisisi Kenangan Group

Ide ini mungkin terdengar gila. Namun, tidak bagi mereka yang memiliki akses finansial tak terbatas dan memenuhi syarat. 

Nyatanya, banyak perusahaan-perusahaan raksasa dunia yang mengakuisisi unicorn, seperti Meta yang mengakuisisi WhatsApp dan Instagram. 

Namun, perlu kamu ingat bahwa Kenangan Group adalah startup berstatus unicorn. Artinya, mereka memiliki valuasi US$1 miliar atau setara dengan Rp 15,4 triliun.


3. Menawarkan Model Cloud Kitchen

Kalau kedua cara di atas masih di luar kapasitasmu sebagai pebisnis, cara ketiga mungkin lebih masuk akal.

Kamu bisa menawarkan model cloud kitchen dan menawarkannya pada Kenangan Group. Kalau mereka merasa cocok dengan apa yang kamu tawarkan, ini bisa menjadi peluang bisnis yang baik untukmu. 

Ternyata franchise Kopi Kenangan belum bisa diwujudkan ya, Sahabat Labamu. Meski begitu, kamu tidak perlu berkecil hati dan justru bisa memanfaatkan dana yang kamu punya saat ini untuk membangun brand es kopimu sendiri. 

Dan jangan sampai ketinggalan, pastikan kamu menggunakan aplikasi Labamu untuk mendokumentasikan seluruh aktivitas bisnis. Yuk, download aplikasinya lewat Google Play atau App Store!

Coba Gratis!

Premium Member 14 Hari

Buat kamu yang baru, nikmati fitur lengkap untuk bantu kembangkan usaha

Banner-Free-Trial-V2-2.webp
bottom of page