14 Marketing Tools Terbaik yang Membuat Pemasaran Bisnis Kamu Jadi Lebih Mudah
24 Juni 2025
LabamuHub
Bagikan Artikel Ini

Salah satu kekurangan utama pemilik bisnis kecil adalah tidak memiliki banyak staf. Untungnya, sekarang ada banyak teknologi marketing tools yang bisa membantu kamu melakukan banyak hal.
Mulai dari SEO hingga pemasaran email, analisis hingga manajemen media sosial, semuanya bisa dilakukan oleh marketing tools software yang memang dirancang untuk membantu pengusaha mempromosikan bisnis dengan lebih efisien.
Baik dikerjakan sendiri atau dibantu oleh tim kecil, alat yang tepat memungkinkan kamu bekerja lebih keras dan fokus pada hal yang penting, yaitu mengembangkan bisnis.
Mengapa Kamu Membutuhkan Marketing Tools?
Sebagian besar bisnis kecil memiliki tim pemasaran yang “efisien”. Ini membuat mereka kewalahan dengan semua tugas yang harus dilakukan untuk memasarkan produk atau layanan yang dijual.
Dengan memiliki marketing tools yang tepat, ini dapat membantu kamu dan tim untuk beberapa hal berikut:
Mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang sehingga bisa fokus pada strategi dan hubungan dengan pelanggan.
Memperluas kehadiran merek di berbagai saluran tanpa harus menyebar terlalu banyak.
Melacak apa yang berhasil (dan apa yang tidak) sehingga bisa menginvestasikan sumber daya dengan bijak.
Menggunakan data dan otomatisasi untuk mengimbangi merek-merek yang lebih besar.
Rekomendasi Top Marketing Tools untuk Bisnis Kecil
1. Analytics
Google Analytics
Ini adalah alat analisis terbaik yang ada dan juga gratis. Dengan alat ini, kamu bisa melakukan apa saja, seperti mengidentifikasi perilaku dan keterlibatan pengguna, melihat sumber trafik, melacak peringkat kata kunci, dan masih banyak lagi.
Kelebihan lain dari alat ini adalah gratis alias kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya.
MicroAnalytics
Alat analisis web sederhana yang berfokus pada privasi dan bisa melakukan semua hal yang bisa dilakukan di Google Analytics. Termasuk juga pelacakan konversi sasaran dan melihat perujuk mana yang mendorong konversi tersebut.
Harga untuk menggunakannya mulai dari $9 atau sekitar Rp147.000 per bulan
2. Content Marketing
WordPress
Ini adalah kanvas kosong untuk membangun situs apa pun yang kamu inginkan. Jika ingin menulis blog yang dioptimalkan untuk mesin pencari, WordPress adalah pilihan yang tepat. Fakta menariknya, 40% situs web di internet dibangun dengan WordPress.
Harga untuk menggunakannya bervariasi tergantung pada ketersediaan domain dan apakah kamu membangun situs sendiri atau tidak.
Vimeo Create
Marketing tools ini menyederhanakan produksi video dengan seperangkat alat yang membantu kamu membuat video terlihat profesional dalam skala besar. Termasuk juga pengeditan yang didukung AI, perpustakaan lengkap musik berlisensi, dan berbagai efek untuk membuat video memenuhi standar yang diinginkan.
Penggunaan dasar alat ini gratis, tetapi fitur yang lebih profesional tersedia mulai dari $12 atau sekitar Rp196.000 per bulan.
3. CRM for SMBs
Hubspot
Kelebihan HubSpot adalah melakukan pemasaran inbound dan lead generation, misalnya menarik pelanggan potensial dengan membuat konten berharga dan pengalaman yang disesuaikan. Ini mungkin merupakan strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk bisnis kecil.
Harga penggunaannya bervariasi. Untuk “Platform Pelanggan Pemula” yang direkomendasikan, harganya $15 atau sekitar Rp246.000 per bulan bila dibayar tahunan.
OnePageCRM
Tim pemasaran skala UKM seperti bisnis kamu membutuhkan CRM berkualitas tinggi untuk menyimpan informasi hubungan pelanggan di satu tempat, serta menggerakkan tim melalui berbagai langkah pembuatan prospek, kontak, tindak lanjut, konversi, dan manajemen hubungan yang berkelanjutan.
OnePageCRM membantu pengguna memvisualisasikan setiap langkah proyek dan fungsi-fungsi lain yang mudah digunakan. Harga langganan paling murah adalah $9.95 atau sekitar Rp163.000 per bulan yang ditagih setiap tahun.
4. Marketing Tools untuk Performance
AdRoll
Berspesialisasi dalam penargetan ulang dan kampanye iklan multiplatform, menjadikan AdRoll pilihan serbaguna untuk meningkatkan strategi pemasaran online. Selain itu, ini juga mendukung iklan dinamis yang beradaptasi berdasarkan interaksi pengguna dengan situs kamu.
Biaya langganannya bervariasi sesuai penggunaan atau hubungi kamu bisa langsung menghubungi tim penjualan.
realize
Ini adalah alat yang membantu mengidentifikasi prospek dengan mempertimbangkan pembelian dan mengonversikannya dengan berbagai iklan untuk publikasi digital dan perusahaan lainnya. Termasuk menggunakan AI untuk menargetkan dan mengoptimalkan iklan secara real time.
Biaya langganannya tergantung pada anggaran dan paket. Hubungi Tim Penjualan untuk informasi lebih lanjut.
5. Project Management
Slack
Ini adalah platform obrolan sederhana yang dibutuhkan oleh sebagian besar bisnis kecil karena lebih baik dari alat mana pun.
Selain paket gratis yang tersedia, bisnis kecil juga bisa memanfaatkan paket $7,25 atau Rp118.000 per pengguna per bulan, yang ditagih setiap tahun.
Asana
Ini menjadi pilihan yang bagus untuk UKM yang ingin memandu proyek secara akurat hingga selesai karena bisa mengatur sistem manajemen proyek ke dalam berbagai kalender atau daftar berdasarkan kebutuhan proyek, dengan jumlah tugas tak terbatas.
Biaya langganannya gratis untuk perorangan dan usaha kecil. Namun, bagi kamu yang ingin memanfaatkan sasaran dan tenggat waktu di berbagai tim, harganya mulai dari $10,99 atau sekitar Rp180.000 per bulan untuk tiap pengguna.
6. Search Engine Optimization (SEO)
Semrush
Untuk memeriksa statistik atau data SEO tentang situs web apa pun di web, ini adalah platform terbaik karena memungkinkan kamu menemukan data apa pun pada situs web. Mulai dari jumlah tautan balik, traffic keseluruhan dari waktu ke waktu, halaman berkinerja terbaik, kata kunci yang rangking, dan masih banyak lagi.
Harga langganannya mulai dari $117,33 atau sekitar Rp1,9 juta per bulan, dibayarkan setiap tahun.
Clearscope
Andalan bagi UKM yang ingin memaksimalkan pemasaran konten, Clearscope dapat membantu mengidentifikasi topik yang paling layak untuk ditulis dan membuat konten yang menghasilkan konversi melalui praktik terbaik SEO.
Program ini juga bisa membantu “mendapatkan nilai yang lebih baik” dengan menambahkan kata kunci di tempat-tempat yang paling berdampak tinggi. Biaya penggunaan paling murah adalah $189 atau sekitar Rp3,1 juta per bulan dan harga khusus untuk proyek yang besar.
7. Marketing Tools Social Media
Hootsuite
Ini adalah alat pemasaran media sosial yang lengkap dengan fitur pasca penjadwalan serta fitur-fitur analisis dan pemantauan. Kelebihan Hootsuite adalah menginformasikan penjadwalan dengan wawasan dan analisis.
Biaya tahunan untuk 1 Pengguna adalah $99 atau sekitar Rp1,6 juta per bulan atau untuk 3 Pengguna seharga $249 atau sekitar Rp4 juta per bulan.
Buffer
Alat ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan postingan di beberapa platform media sosial dari satu dasbor. Ini adalah alat yang sangat membantu untuk merencanakan dan melaksanakan strategi media sosial dan mengukur kinerja melalui analitik.
Untuk mengelola hingga tiga saluran sosial dengan 10 postingan terjadwal, kamu tidak dikenakan biaya. Namun, untuk mendapatkan fitur lengkap, harganya mulai dari $5 atau sekitar Rp82.000 per bulan untuk tiap saluran.
Itulah beberapa marketing tools yang bisa digunakan untuk membantu kamu menjalankan bisnis. Selain daftar di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur POS Kasir dari aplikasi Labamu, yang membuat proses transaksi pelanggan di kasir jadi lebih cepat melalui opsi pembayaran digital.
Memiliki tampilan yang sederhana, POS Kasir cocok digunakan oleh siapa saja, bahkan bagi kamu yang pertama kali mencobanya. Lalu, selain memberikan metode pembayaran yang variatif, fitur ini juga memiliki sinkronisasi dengan dapur sehingga setiap order yang masuk melalui POS Kasir lebih cepat diproses cepat dan akurat.
Jika kamu tertarik dengan fitur POS Kasir, tetapi masih belum terlalu paham penggunaannya, yuk ikuti webinar gratis “Kelola Toko Tanpa Ribet: Solusi POS untuk Bisnis Modern!” bersama Labamu.
Webinar ini cocok untuk kamu yang kesulitan mengatur penjualan dan stok barang secara manual atau bingung cari sistem kasir yang praktis dan efisien. Nah, di sesi #LabamuKickstart ini, akan dibahas solusi POS modern dari Labamu yang bisa membantu operasional toko kamu jadi lebih lancar dan terpantau.
Pembicara dan moderator webinar ini juga sudah sangat terpercaya, yaitu Adhya Angga Pratama selaku Customer Success Lead Labamu dan Amara Putri sebagai Community Manager Labamu.
Webinar “Kelola Toko Tanpa Ribet: Solusi POS untuk Bisnis Modern!” akan diadakan pada:
Rabu, 25 Juni 2025
14.00 – 15.00 WIB
Online via Zoom
Jadi, bagi kamu yang memiliki usaha retail, F&B, atau UMKM dan ingin meningkatkan efisiensi operasional harian, daftar sekarang dengan klik link https://forms.office.com/r/rR1j6kiU8V. Ditunggu kehadiran kamu di webinar gratis ini, ya!