top of page

Pentingnya Analisis SWOT untuk Membuat Strategi Bisnis yang Tepat

30 Mei 2024

Bagikan Artikel Ini

Analisis SWOT adalah salah satu cara efektif yang banyak digunakan untuk membuat strategi bisnis. Cara ini menilai lebih mendalam mengenai kekuatan, kelemahan, potensi atau peluang, dan ancaman yang mungkin terjadi dalam bisnis sebelum dilakukan.

Melalui analisis SWOT, pengusaha dapat menentukan ide bisnis baru, melakukan penjualan produk dengan optimal, dan menyusun strategi yang tepat. Tidak hanya bisnis, analisis ini juga bisa kamu terapkan pada diri sendiri, lo! Terutama untuk pengembangan karier.


Apa Itu Analisis SWOT?



Sebenarnya, analisis SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threats (ancaman). Ini adalah suatu bentuk aktivitas analisis yang sangat penting untuk perkembangan bisnis.

Apabila diartikan lebih luas lagi, dua aspek pertama, yaitu kekuatan dan kelemahan mengarah pada kondisi internal bisnis. Misalnya, lokasi perusahaan, masalah hak paten, dan reputasi yang bisa diubah atau berubah seiring waktu. 

Meski demikian, dua aspek berikutnya, yaitu peluang dan ancaman mengarah pada kondisi eksternal bisnis. Contoh mudahnya adalah pesaing, supplier, atau harga produk. Aspek ini bisa dikatakan cukup sulit untuk dikendalikan karena memiliki sifat yang cenderung berubah. 

Analisis SWOT adalah bentuk analisis yang bisa diterapkan untuk semua jenis bisnis. Analisis ini juga bisa dilakukan setiap saat guna mengetahui keadaan pasar yang sering kali mengalami perubahan. Dengan begitu, perusahaan dapat menemukan solusi dan merespons dengan segera. 

Metode ini menjadi salah satu metode yang efektif untuk membantu mengidentifikasi masalah dari empat sudut pandang yang berbeda, dengan penerapan sebagai berikut: 

  • Bagaimana aspek kekuatan bisnis dapat mengambil keuntungan dari kesempatan yang ada.

  • Apa saja langkah tepat yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi segala bentuk kelemahan yang dapat menghambat profit. 

  • Bagaimana kekuatan yang dimiliki dapat menjadi solusi untuk berbagai bentuk ancaman yang muncul. 

  • Langkah apa saja yang bisa diambil oleh perusahaan untuk mengatasi kelemahan yang dapat berakibat pada munculnya ancaman baru.

Dengan keterhubungan empat hal ini, analisis SWOT dapat memudahkan perusahaan untuk mewujudkan visi dan misinya.


Mengapa Penting untuk Bisnis?



Analisis SWOT adalah alat penting bagi bisnis untuk dapat memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi. Berikut beberapa alasan mengapa analisis SWOT penting untuk bisnis:


1. Meningkatkan pemahaman tentang bisnis

Analisis SWOT membantu pengusaha untuk memahami bisnisnya dengan lebih baik. Dengan mengidentifikasi apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan, kamu bisa tahu apa yang membuat bisnismu lebih unggul dan apa yang perlu diperbaiki.


2. Mengidentifikasi peluang dan ancaman

Analisis SWOT juga membantu untuk melihat peluang dan ancaman yang ada di lingkungan eksternal. Dengan begitu, kamu dapat membuat strategi yang tepat. Sementara itu,  melalui pemahaman tentang ancaman, kamu bisa lebih siap untuk menghadapinya.


3. Merumuskan strategi yang efektif

Informasi dari hasil analisis SWOT dapat digunakan untuk merumuskan strategi yang efektif. Dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, kamu dapat menentukan strategi dan mengambil kebijakan yang paling tepat untuk mencapai tujuan.


4. Acuan dalam pengambilan keputusan

Analisis SWOT dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan dalam bisnis. Dengan memiliki informasi yang lengkap tentang situasi internal dan eksternal, kamu dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan strategis.


5. Meningkatkan keunggulan kompetitif

Analisis SWOT yang efektif juga berpengaruh pada peningkatan keunggulan kompetitif. Melalui pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan produk dibandingkan dengan pesaing, kamu dapat membuat strategi yang sesuai untuk menarik pelanggan.


6. Meningkatkan kinerja bisnis

Secara keseluruhan, analisis SWOT dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis. Dengan memahami faktor yang memengaruhi, kamu dapat mengambil langkah untuk meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan.


Manfaat Analisis SWOT



Bagi perusahaan, analisis SWOT adalah salah satu penentu kelanjutan bisnis yang harus diperhatikan. Analisis ini sama pentingnya dengan strategi yang diterapkan perusahaan untuk mencapai tujuan utama. 

Tak hanya itu, analisis ini juga digunakan oleh pemangku kepentingan untuk dapat memahami keadaan internal dan eksternal organisasi. 

Tidak kalah pentingnya, analisis SWOT dapat membantu perusahaan menentukan skala prioritas. Tanpa analisis ini, kamu tidak bisa memprediksi bagaimana kondisi pasar dan bagaimana daya tarik pasar yang bisa dimanfaatkan. 

Selain itu, melalui analisis SWOT, kamu juga menjadi lebih mudah untuk mengetahui tingkat kompetisi pada produk atau layanan yang kamu tawarkan dengan pesaing. Inilah alasannya kamu harus melakukan analisis produk sebelum memulai bisnis.


Cara Menggunakan Analisis SWOT



Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai analisis SWOT adalah menulis daftar pertanyaan. Kamu pun menjadi orang yang harus menjawab semua pertanyaan tadi sesuai dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan. 

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu tulis sebelum memulai analisis SWOT:

Strength (kekuatan)

  • Apa saja kelebihan yang dimiliki bisnismu?

  • Apa saja hal yang dapat membuat bisnismu lebih baik dari pesaing?

  • Apa saja yang membuat bisnismu mendapatkan penjualan yang baik?

  • Apa saja keunggulan produk atau bisnismu yang didapatkan oleh pelanggan? 

  • Apa saja keunikan yang dimiliki oleh produk yang kamu tawarkan?


Weakness (kelemahan)

  • Sebutkan apa saja hal yang harus kamu tingkatkan pada produk atau bisnismu?

  • Apa saja hal yang harus kamu hindari sehingga tidak rugi?

  • Apa saja hal yang menjadi kelemahan yang didapat oleh pelanggan?

  • Apa saja faktor yang berpotensi menurunkan angka penjualan produkmu?

  • Hal apa saja yang sudah diterapkan oleh pesaing yang membuat mereka lebih unggul? 


Opportunity (kesempatan) 

  • Apa saja peluang atau potensi yang bisa kamu lihat?

  • Apa saja tren yang sesuai dengan bisnismu yang saat ini sedang berlangsung?


Threat (ancaman)

  • Apa saja perkembangan yang sangat mungkin dapat mengancam bisnismu?

  • Apa saja hambatan yang kamu alami saat ini?

  • Apa saja hal yang sudah dilakukan oleh kompetitor dan belum kamu lakukan?

  • Apakah kamu mendapati adanya perubahan yang berasal dari lingkungan pemerintah yang menjadi ancaman bisnismu?


Selain melakukan analisis SWOT, kamu juga sebaiknya tidak lupa melakukan analisis keuangan. Hal ini juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui bagaimana arus kas bisnis, angka penjualan, dan keuntungan yang kamu dapatkan. 

Nah, agar penjualan bisa lebih optimal dan operasional bisnis berlangsung sesuai harapan, kamu bisa memakai aplikasi Labamu. Terdapat banyak fitur yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan potensi bisnis, termasuk pengaturan bahan baku, pengelolaan pelanggan, POS Kasir, hingga pembuatan Laporan. 

Tak hanya itu, kamu pun dapat membuat katalog produk di Labamu sehingga lebih mudah mempromosikan kepada pelanggan. Untuk informasi lebih lengkap, akses segera halaman Labamu, ya!

bottom of page