7 Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal, Bisa dari Keluhan Pelanggan?
28 Agustus 2024
Bagikan Artikel Ini
Peluang usaha bisa muncul dari mana saja. Namun untuk memanfaatkannya, Sahabat Labamu butuh kejelian untuk mengidentifikasi datangnya kesempatan emas itu. Di artikel ini Labamu sudah merangkum beberapa sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang bisa menginspirasimu menciptakan peluang baru. Simak, ya!
Apa Itu Peluang Usaha?
Dalam dunia bisnis, peluang usaha adalah kesempatan emas untuk menghasilkan uang.
Kalau dilihat dari definisinya, peluang usaha memang merujuk pada kemampuan untuk memanfaatkan suatu situasi untuk menciptakan keuntungan bisnis. Ini tidak lepas dari tujuan utamanya, yaitu sebagai landasan dari setiap tindakan untuk menghasilkan keuntungan dan pertumbuhan.
Itu kenapa peluang usaha tidak melulu tentang eksekusi ide baru, namun juga bisa berupa inovasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja bisnis.
Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal
Pada prinsipnya, peluang usaha muncul ketika terjadi kesenjangan antara kebutuhan pasar dan apa yang tersedia saat ini. Nah, untuk memudahkanmu memahaminya, berikut adalah beberapa contoh sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang kerap menjadi dasar pengambilan keputusan penting untuk mendorong kesuksesan bisnis.
1. Kebutuhan yang Belum Terpenuhi
Peluang usaha seringkali muncul akibat pain point yang dirasakan konsumen. Pain point sendiri merupakan masalah atau kesulitan yang dihadapi pelanggan akibat kebutuhannya tidak terpenuhi atau tidak terakomodasi dengan baik sehingga membutuhkan solusi tepat guna.
Namun untuk menemukan dimana titik tersebut, kamu perlu memetakan pengalaman konsumen dengan cermat. Hanya dengan begitu, kamu bisa memahami bagaimana bisnis yang kamu jalankan mampu memberikan utilitas yang dibutuhkan oleh konsumen.
2. Sumber Daya yang Belum Dimanfaatkan
Sumber daya yang belum dimanfaatkan juga mampu menciptakan peluang bisnis baru yang potensial dan menciptakan nilai tambah.
Hal ini lumrah terjadi dalam kasus breakthrough innovation yang mendorong bisnis untuk melangkah ke level berikutnya dalam membuka pasar baru dan mengubah bagaimana cara pelanggan berinteraksi dengan pasar tersebut.
3. Perkembangan Teknologi
Dalam mindset pebisnis, perkembangan teknologi bukan sekedar untuk memberikan kemudahan. Melainkan juga merupakan sumber peluang usaha dari faktor eksternal dan sudah terbukti kebenarannya.
Bahkan kalau dipikir-pikir, banyak sekali kemudahan yang kita rasakan hari-hari ini karena dampak perkembangan teknologi, bukan? Itu semua tidak akan bisa dirasakan kalau tidak ada “tangan-tangan” yang mengubahnya menjadi sebuah peluang usaha.
4. Kompetisi Pasar
Kompetisi pasar yang semakin sengit terus mendorong pelaku untuk berinovasi dan melakukan perbaikan. Tujuan utamanya agar dapat memberikan nilai lebih dibandingkan pesaingnya, sembari mencari solusi dari masalah yang dihadapi target pasarnya.
Dalam hal ini, kompetisi pasar mampu memberikan insight berharga mengenai area bisnis yang bisa dikembangkan menjadi peluang baru.
5. Penawaran Kerjasama Strategis
Peluang kemitraan strategis seperti kesempatan kolaborasi juga bisa mengembangkan peluang usaha baru. Masing-masing pihak bisa saling melengkapi sehingga memperbesar chance untuk mengakses sumber daya baru, memperkuat penawaran produk, dan meningkatkan keunggulan kompetitif.
Cara-cara ini bisa turut menghadirkan pengalaman yang lebih “lengkap” untuk para konsumennya.
6. Perubahan Tren dan Gaya Hidup
Perubahan tren pasar turut mengubah kebutuhan dan preferensi pelanggan. Menyelaraskan penawaran bisnis dengan kondisi yang ada bisa membantumu memanfaatkan peluang baru.
Oleh karena itu, penting untuk memahami arti peluang bisnis dengan baik, yakni dengan mengenali kebutuhan dan kesenjangan pasar, serta memanfaatkan peluangnya.
7. Umpan Balik Pelanggan
Kamu boleh jadi merasa kesal dengan keluhan pelanggan. Tapi sebenarnya di dalam situ ada sebuah ruang yang bisa kamu manfaatkan menciptakan peluang baru.
Lagipula, mendengarkan dan memahami umpan balik pelanggan dapat mengungkap kebutuhan yang belum terpenuhi atau area yang perlu ditingkatkan. Wawasan ini bisa diterjemahkan dengan baik, kamu pasti bisa mengembangkan solusi inovatif bahkan peluang baru untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik
Setelah mengetahui beberapa sumber peluang usaha dari faktor eksternal, kamu mungkin akan bertanya-tanya “apa kriteria peluang usaha yang baik?” atau “apakah semua peluang itu pasti menguntungkan?”. Nah, untuk menjawab kegelisahanmu, berikut ini adalah kriteria peluang usaha yang baik.
Jelas. Maksudnya, peluang usaha yang baik harus memiliki kejelasan. Jelas apa tujuannya, jelas apa produk/layanan yang akan ditawarkan, dan jelas bagaimana potensinya untuk mendatangkan keuntungan.
Layak. Artinya, peluang usaha ini harus benar-benar layak dieksekusi karena sumber daya, infrastruktur, ataupun hal-hal yang dibutuhkan tersedia, bisa diperoleh, dan dapat dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin untuk mendapatkan hasil yang dikehendaki.
Relevan. Maksudnya, peluang usaha ini harus relevan dengan kebutuhan pasar, tren, preferensi, maupun dinamika industri saat ini. Sebab relevansi memastikan bahwa peluang ini berpotensi menarik pelanggan, menghasilkan permintaan, dan menciptakan nilai dalam jangka panjang.
Skalabel. Artinya, peluang bisnis ini memiliki kemampuan untuk tumbuh tanpa mengurangi kualitas atau meningkatkan biaya secara tidak proporsional dalam menjangkau pasar dan melayani basis pelanggan yang lebih besar.
Profitabel. Core dari peluang bisnis adalah keuntungan. Maka dari itu, peluang usaha yang baik adalah peluang yang bisa menciptakan potensi keuntungan yang menjanjikan bagi sebuah bisnis, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Itulah informasi seputar sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang bisa menambah wawasanmu mengenai dunia bisnis. Nah, bagi kamu yang memutuskan untuk terjun ke sana, pastikan kamu selalu memilih aplikasi Labamu untuk mendokumentasikan setiap catatan administrasi dan transaksi bisnis.
Caranya mudah, cukup download aplikasinya lewat Google Play atau App Store dan manfaatkan fitur-fitur terbaiknya!