top of page

Unique Selling Proposition: Arti, Manfaat, & Cara Membuatnya

30 Mei 2024

Bagikan Artikel Ini

Banyaknya produk atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis, membuat pelanggan bisa kewalahan memilih mana yang paling baik dan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, butuh sebuah Unique Selling Proposition (USP) yang membuat sebuah produk lebih menonjol dibanding produk lainnya.

Unique Selling Proposition disebut sebagai Unique Selling Point adalah inti dari apa yang membuat sebuah produk berbeda dan lebih baik dari milik pesaing. 

Dalam artikel ini, kamu akan diajak mempelajari bagaimana perusahaan harus mampu mengidentifikasi dan mengomunikasikan USP. Simak informasinya!


Apa Itu Unique Selling Proposition?



USP adalah manfaat unik yang membuat sebuah produk lebih baik dibandingkan pesaing. Ketika menentukannya tentu akan memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan maupun pelanggan.

Bagi perusahaan, USP bisa membantu memfokuskan strategi pemasaran, menciptakan brand image yang kuat, sampai memilih copywriting yang tepat untuk menyampaikan keunikan dari produkmu.

Bagi konsumen, USP bisa dengan cepat menjawab pertanyaan paling mendesak yang mereka pikirkan ketika hendak membuat buying decision. Itu alasan kenapa USP harus mampu menonjolkan perbedaan yang akan menjadi keunggulan dari sebuah produk. 

Hal itu bertujuan agar pelanggan bisa cepat memutuskan dan yakin memilih produkmu daripada produk lainnya.


Manfaat Unique Selling Proposition untuk Bisnis



USP memberikan alasan pada pelanggan kenapa mereka harus memilihmu dan bukan kompetitor. Itu sebabnya hal ini perlu secara gamblang disampaikan pada pasar karena konsumen akan membandingkan produk satu dengan lainnya sebelum menjatuhkan pilihan. 

Berikut ini adalah manfaat lain USP dalam mengembangkan bisnis.


1. Menonjolkan Keunggulan Kompetitif

Memiliki USP yang kuat memberimu kesempatan untuk menonjolkan keunggulan kompetitif dan membangun hubungan jangka panjang yang lebih solid dengan pelanggan. 

USP seolah-olah bisa berbicara langsung pada pelanggan dan mengatakan “Aku benar-benar bisa mendukungmu, bukan hanya sekadar berjualan”.


2. Menjadi Identitas Bisnis

USP juga dapat menjadi identitas bisnis yang membedakanmu dari para kompetitor. Untuk menyatakannya, Sahabat Labamu bisa menunjukkan fitur unik, kualitas material digunakan, kemudahan penggunaan, dan masih banyak hal menarik lain yang bisa dijadikan sebagai Unique Selling Point.


3. Meningkatkan Penjualan

USP menyatakan manfaat yang bisa kamu tawarkan sehingga konsumen akan mempersepsikannya sebagai sesuatu yang lebih baik. Akibatnya konsumen akan tertarik dan membelinya. 

Semakin akurat USP yang disampaikan, semakin besar kesempatanmu untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan loyalitas pelanggan.


4. Memperkuat Brand Image

Selain meningkatkan penjualan, USP bermanfaat untuk membangun brand image. Pada gilirannya, ini akan menciptakan loyalitas konsumen. Namun ingat, jangan hanya “menawarkan” USP saja, kamu harus melakukan upaya-upaya untuk merealisasikan janji itu biar nggak dikata omdo alias omong doang.


5. Memudahkan Promosi

Adanya USP juga bisa memudahkanmu saat melakukan promosi. Seketika kamu memiliki konsumen yang loyal, mereka tidak akan segan merekomendasikannya ke orang-orang lain di sekitarnya.


Kriteria USP yang Baik dan Menarik



Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat merumuskan USP. Unique Selling Proposition yang baik dan menarik sedikitnya harus memenuhi kriteria-kriteria berikut ini:

  • Tegas dan meyakinkan sehingga konsumen percaya bahwa produk yang kamu jual memang lebih unggul dibanding kompetitor.

  • Tidak bertele-tele dan tidak berlebihan artinya USP harus spesifik, sederhana, dan langsung kena pada sasarannya.

  • Benar dan bisa dibuktikan agar pelanggan tidak akan memalingkan muka dan tidak lagi memercayai brand.

  • Sesuai namanya, USP harus unik. Maksudnya haruslah sesuatu yang cuma brand-mu yang bisa memberikan dan menggunakannya.

  • USP adalah janji sehingga harus bisa dipenuhi secara konsisten.

  • Bukan sekadar slogan melainkan sebuah “pesan” yang akan terus muncul di mana pun pelanggan berada.


Cara Membuat Unique Selling Proposition

Nah, untuk menyatakan Unique Selling Proposition, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:


1. Memposisikan Diri sebagai Pelanggan

Untuk membuat pelanggan jatuh cinta, tentu kamu harus tahu apa yang mereka ingin dan butuhkan. Cara lain selain berkomunikasi dengan mereka adalah dengan put yourself in their shoes alias memposisikan diri sebagai pelanggan. 

Seringkali pebisnis terlalu mengandalkan idealismenya sehingga lupa untuk memahami kebutuhan pelanggan.


2. Bandingkan dengan Kompetitor

Selanjutnya, temukan alasan sebenarnya kenapa pelanggan membeli produkmu dibandingkan produk pesaing. Kamu bisa menanyakan ini langsung ke pelanggan dan kejujuran mereka sangat berarti bagi perusahaan untuk meningkatkan layanan.


3. Identifikasi USP

Memahami pasar memang teka-teki besar tapi sekali kamu menemukan jawabannya, kamu bisa mengidentifikasi USP dengan lebih mudah. Mengetahui kekuatan dan kelemahan produk bisa membantumu melacak setiap peluang dan ancaman.


4. Terjemahkan dalam Bahasa yang Menarik

Sukses menemukan apa USP-mu, maka inilah saatnya untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa yang appealing. Gunakan kriteria-kriteria USP yang baik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk membuat copywriting yang “ngena” di benak dan hati pelanggan.


5. Uji dan Sempurnakan

Sudah menemukan statement yang tepat? Maka inilah saat untuk mengujinya. Kamu bisa menggunakan A/B testing untuk melihat mana USP yang lebih berdampak. Selanjutnya, lakukan evaluasi dan sempurnakan.


Sahabat Labamu, itulah penjelasan mengenai apa itu Unique Selling Point, manfaatnya, kriteria yang baik, dan bagaimana cara membuatnya. Semoga informasinya bisa membantumu untuk terus mengembangkan bisnis UMKM yang kamu rintis.

Sama seperti Labamu yang selalu siap sedia menawarkan fitur-fitur unggulan untuk memberikan kemudahan bertransaksi sekaligus dokumentasi administrasi bisnis. 

Mulai dari stock opname, POS kasir, pembuatan invoice dan penawaran, sampai cek laporan keuangan secara real time. 

Untuk cek informasi selengkapnya kunungi www.labamu.co.id atau langsung download aplikasinya lewat Google Play atau App Store.

bottom of page