top of page

Fitur Atur Bahan Baku di Labamu: Bisa untuk Manajemen Persediaan dan Juga Tempat Catatan Resep

17 April 2025

Bagikan Artikel Ini

Manajemen untuk atur bahan baku yang efektif sangat penting untuk operasi bisnis karena secara langsung berdampak pada efisiensi produksi, pengendalian biaya, dan kepuasan pelanggan.

Apalagi kamu mungkin kesulitan untuk mengelola inventaris secara efektif. Ini bisa membuat kamu memesan terlalu banyak barang dan bahan sehingga harus menjual stok dengan harga diskon. Namun, jika memiliki stok yang rendah, kemungkinan kamu tidak dapat memenuhi pesanan dari pelanggan.

Itulah sebabnya menggunakan fitur Atur Bahan Baku dari Labamu bisa menjadi cara cerdas untuk mengelola bahan baku yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.


Apa Itu Bahan Baku?





Bahan baku dapat didefinisikan sebagai bahan yang belum diproses yang digunakan untuk membuat suatu produk. Misalnya, bahan baku yang digunakan untuk memproduksi mainan anak mungkin termasuk plastik, kayu, cat, dan lem. Jadi, bahan baku adalah barang input atau inventaris yang digunakan produsen untuk memproduksi produk.

Dalam hal produksi, ada dua jenis utama inventaris bahan baku, yaitu sebagai berikut:


1. Bahan Langsung

Ini mengacu pada bahan yang digunakan langsung dalam memproduksi suatu produk atau bagian dari bill of material untuk barang jadi. Misalnya, bahan baku langsung untuk membuat chicken rice bowl adalah beras, ayam, bumbu-bumbu, sayur-sayuran, dan kemasan.


2. Bahan Tidak Langsung

Sementara bahan tidak langsung mengacu pada barang tambahan yang dibutuhkan dalam proses produksim, tetapi tidak masuk ke dalam produk jadi itu sendiri atau bukan bagian dari bill of material produk.


Contohnya bahan baku tidak langsung untuk chicken rice bowl adalah kompor, wajan, peralatan masak lainnya, sarung tangan sekali pakai, dan perlengkapan pembersih.


Manfaat Manajemen Persediaan Bahan Baku

Manajemen persediaan bahan baku memiliki peran penting dalam keberhasilan dan profitabilitas bisnis. Terutama jika bisnis kamu bergantung pada pasokan bahan yang stabil untuk memproduksi barang atau mengirimkan layanan.

Dengan manajemen persediaan bahan baku yang efektif, kamu memastikan bahwa bisnis memiliki bahan yang dibutuhkan sehingga dapat meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk menunggu stok ulang. Ini juga dapat membantu kamu memproyeksikan berapa banyak bahan yang mungkin dibutuhkan ketika bisnis semakin berkembang.

Berikut adalah beberapa fungsi manajemen bahan baku yang efektif.


1. Memastikan Produksi Tanpa Gangguan

Dengan mempertahankan stok bahan penting yang memadai, bisnis kamu terus dapat memenuhi permintaan pelanggan secara konsisten dan menghindari gangguan dalam proses produksi. Ini memungkinkan kamu untuk memenuhi pesanan dengan cepat dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar.


2. Meminimalkan Kehabisan Stok dan Pesanan di Awal

Keduanya dapat berdampak buruk pada kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis secara keseluruhan karena menyebabkan terhentinya produksi. Dengan manajemen bahan baku yang efektif, kamu bisa meminimalkan terjadinya kehabisan stok dengan memperkirakan permintaan secara akurat dan mengoptimalkan tingkat stok pengaman.


3. Mengurangi Risiko dan Ketidakpastian

Pengiriman bahan baku rentan terhadap berbagai risiko dan ketidakpastian, termasuk bencana alam, ketidakstabilan politik, dan kejadian tak terduga lainnya. Menggunakan manajemen persediaan bahan baku dapat membantu mengurangi risiko tersebut.


4. Mengelola Biaya dan Arus Kas

Persediaan bahan baku mewakili sebagian besar gambaran aset bisnis dan investasi modal. Jadi, dengan manajemen inventaris yang efisien, kamu bisa mengoptimalkan biaya dan arus kas karena meminimalkan biaya penyimpanan, mengurangi kelebihan persediaan, dan mengoptimalkan jumlah pesanan.


Gunakan Fitur Atur Bahan Baku di Labamu!





Jika kamu merasa sudah saatnya menggunakan manajemen persediaan bahan baku, salah satu alat terbaik yang bisa kamu pilih adalah aplikasi Labamu yang memiliki fitur Atur Bahan Baku.

Di fitur tersebut, kamu bisa mengelola persediaan bahan baku, baik secara manual atau otomatis, untuk membuat sinkronisasi bahan baku menjadi lebih praktis. Selain itu, fitur ini juga bisa membantu kamu membuat rincian bahan baku yang diperlukan untuk setiap produk.

Dengan menggunakan fitur Atur Bahan Baku sesuai kategori, kamu akan membuat struktur penyimpanan menjadi lebih terorganisir. Bahkan, kamu bisa mencatat resep penting dan membuat stok bahan baku jadi satu sehingga lebih menghemat waktu.

Ini adalah beberapa kelebihan dari fitur Atur Bahan Baku di aplikasi Labamu.

1. Efisiensi pengelolaan. Pengaturan bahan baku yang kamu miliki akan menjadi lebih terstruktur sehingga setiap bahan bisa digunakan dengan lebih optimal dan terhindar dari pemborosan. 


2. Hemat waktu. Dengan sistem yang saling terhubung di dalam fitur, kamu dapat menghemat waktu dalam proses pengelolaan dan pemantauan stok. 


3. Konsistensi dan kualitas. Kamu bisa membuat catatan resep secara rinci, hingga menyertakan satuan dan takarannya di dalam fitur. Dengan begitu, kamu bisa memastikan selalu menghasilkan produk terbaik dan berkualitas untuk pelanggan setia.


Cara Mengatur Bahan Baku

Berikut adalah cara mengatur bahan baku saat menggunakan fitur Atur Bahan Baku di aplikasi Labamu.

  • Masuk ke menu "Kelola", kemudian pilih "Atur Bahan Baku".

  • Klik "+ Bahan Baku".

  • Masukkan detail bahan baku, seperti nama, foto, dan juga harga.

  • Tentukan kategori dan satuan untuk setiap bahan baku. 

  • Klik "Simpan Bahan Baku."


Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan fitur Atur Bahan Baku dari Labamu dengan cara download di Google Play atau App Store, lalu rasakan kemudahan mengatur persediaan seluruh bahan baku yang kamu miliki.


Artikel Menarik Lainnya

Pekan Raya Jakarta 2025, Ada Booth Khusus untuk UMKM!

Peserta UMKM yang Ada di Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair Kemayoran, Punya Booth Sendiri!

30 Juni 2025

Ultah Jakarta, Pengusaha UMKM Berharap Lebih Dibantu

Harapan Para Pengusaha UMKM di Momen Ultah Jakarta​: Ingin Lebih Banyak Dapat Bantuan

27 Juni 2025

6 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan, Wajib Tahu!

6 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan, Penting untuk Bisnis yang Sukses!

26 Juni 2025

HUT Jakarta ke-498 Dirayakan Meriah, Ada Banyak Acara!

Rangkaian Acara HUT Jakarta ke-498, Ada Jakarnaval di 22 Juni 2025!

25 Juni 2025

14 Marketing Tools Terbaik untuk Bantu Pemasaran Bisnis

14 Marketing Tools Terbaik yang Membuat Pemasaran Bisnis Kamu Jadi Lebih Mudah

24 Juni 2025

Teknologi AI: Kegunaan dan Risikonya bagi UMKM

Teknologi AI untuk UMKM: Solusi Cerdas untuk Efisiensi Bisnis

23 Juni 2025

Kurs adalah: Jenis, Faktor, Dampak, dan Cara Menyiasatinya

Kurs adalah: Mengenal Nilai Tukar Mata Uang dan Dampaknya bagi Bisnis

20 Juni 2025

Produk digital adalah: Pengertian dan Contohnya yang Penting Diketahui

Produk Digital adalah Peluang Bisnis yang Menjanjikan, Ini Contohnya

19 Juni 2025

7 Rekomendasi Saham Jangka Panjang dan Tips Memilihnya

7 Rekomendasi Saham Jangka Panjang yang Cocok Dimiliki saat Ini

17 Juni 2025

Komunitas Bisnis: 7 Manfaat Jika Bergabung di Dalamnya!

7 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis, Bisa Membuat Kamu Tumbuh Bersama Anggota Lainnya!

18 Juni 2025

Tantangan UMKM​, Bisakah Dibantu oleh Komunitas Bisnis?

Berbagai Tantangan yang Dihadapi UMKM​, Mengapa Komunitas Bisnis Bisa Jadi Salah Satu Solusinya?

16 Juni 2025

8 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Barang, Pebisnis Wajib Tahu!

8 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Barang dan Keunggulannya

13 Juni 2025

Top-Banners-D-Default.webp
Top-Banners-D-Default-Mobile.webp

Coba Gratis!

Premium Member 14 Hari

Buat kamu yang baru, nikmati fitur lengkap untuk bantu kembangkan usaha

Banner-Free-Trial-V2-2.webp
bottom of page