top of page

Pengertian Komersial, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Jenisnya dalam Bisnis

10 Januari 2025

Bisnis

Bagikan Artikel Ini

Kamu mungkin kerap mendengar istilah komersial, tetapi tahukah kamu apa itu komersial? Secara umum, komersial artinya ada hubungannya dengan perdagangan yang tujuannya tentu saja mengarah pada keuntungan atau profit. 

Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara promosi di berbagai bidang, termasuk hiburan, teknologi, kesehatan, dan lainnya. Melalui kegiatan ini, masyarakat atau pasar akan lebih mudah mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan. 


Pengertian Komersial

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, komersial artinya sesuatu yang ada kaitannya dengan perdagangan atau niaga; ditujukan untuk diperdagangkan; mempunyai nilai niaga yang tinggi, terkadang mengorbankan nilai budaya, sosial, atau lainnya. 

Ada pula yang menyebutkan komersial adalah aktivitas perdagangan, jual atau beli barang maupun jasa secara besar, baik di lingkup lokal maupun global. Aktivitas komersial punya tujuan untuk memperoleh profit dari pertukaran barang maupun jasa. 

Adapun, yang menjadi bagian dari aktivitas komersial dalam bentuk pertukaran produk, misalnya swalayan, minimarket, toko, mall, departemen store, dan dealer. Sementara itu, aktivitas komersial jasa seperti asuransi dan finansial, salon, restoran, dan bengkel.

Siapa saja bisa melakukan kegiatan komersial, seperti perusahaan, organisasi, dan pihak perorangan. Dalam aktivitasnya, usaha komersial biasanya akan dibebankan pajak dari negara.

Jadi, dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan kalau komersial artinya aktivitas yang dilakukan oleh pihak perorangan maupun perusahaan yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan.

Oleh karena memiliki fokus utama untuk mendapatkan keuntungan finansial, maka dasar dari aktivitas komersial tentunya mengacu pada prinsip ekonomi, yaitu pengorbanan kecil untuk memperoleh keuntungan yang besar.


Baca juga: Campaign adalah Cara Marketing yang Penting untuk Kesuksesan Bisnis. Ini Manfaat, Komponen, dan Tipe-Tipenya!


Ciri dan Tujuan Komersial



Komersial adalah kegiatan yang memiliki beberapa ciri-ciri utama, yaitu: 

  • Tidak memiliki bentuk komunikasi secara personal.

  • Menyediakan informasi yang mendetail tentang produk atau jasa yang ditawarkan, termasuk manfaat dan keunggulannya.

  • Menggunakan visual dan kata-kata yang mampu membuat calon konsumen tertarik. 

  • Bersifat mengajak atau persuasif.

  • Berupa komunikasi yang berbayar.


Sementara itu, tujuan dari kegiatan komersial yang ingin dicapai oleh suatu pihak dalam bisnis, di antaranya: 


1. Memberikan Informasi

Semua produk komersial, entah itu barang atau jasa, tentu perlu adanya informasi atau keterangan penting yang menjelaskan produk tersebut. Ini akan menjadi landasan utama aktivitas komersial sebelum berlanjut pada penjualan. 


2. Memengaruhi Calon Konsumen untuk Melakukan Pembelian

Karena berkaitan dengan perdagangan, sudah pasti pelaku komersial harus memiliki cara dan strategi yang tepat untuk memengaruhi minat konsumen. Dengan begitu, konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.


3. Mendapatkan Keuntungan

Apabila penjual sudah melakukan pengenalan produk atau jasa dan berhasil memengaruhi minat konsumen, tentu akan ada potensi untuk membeli produk atau jasa dari konsumen. Dari penjualan atau transaksi yang terjadi, tentu pihak yang melakukan komersial akan mendapatkan keuntungan. 


Cara Kerja Marketing Komersial

Lalu, bagaimana dengan pemasaran atau marketing komersial? Jadi, marketing komersial artinya suatu bentuk upaya untuk memasarkan produk dengan cara yang menguntungkan. Supaya bisa memperoleh keuntungan, pemilik usaha perlu memahami apa yang menjadi kebutuhan pasar dan persaingan, caranya yaitu melalui riset. 

Selanjutnya, pemilik usaha akan melakukan strategi pemasaran yang tepat, sehingga bisa membuat produk yang sesuai, baik dari segi harga maupun keunggulan. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa melakukan promosi dengan benar dan menawarkan atau menjual produk pada waktu dan tempat yang tepat. 


Jenis-Jenis Komersial



Dalam bisnis, komersial memiliki beberapa jenis yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Meski begitu, setiap jenis komersial mengacu pada tujuan yang sama, yaitu memperoleh profit finansial. Berikut jenis-jenis komersial yang sering dijumpai: 


1. Iklan Komersial

Pertama, iklan komersial, yang dipasang dengan tujuan untuk mendongkrak penjualan barang atau jasa sehingga memperoleh keuntungan. Melalui iklan ini, diharapkan calon konsumen akan berminat untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Contoh dari jenis komersial iklan misalnya parfum, es krim, mi instan, pakaian, atau jenis serupa. 


2. Bank Komersial

Selanjutnya, ada bank komersial. Sebenarnya, ini adalah sebutan lain dari bank umum, dengan prinsip utama mencari keuntungan atau laba. Dalam aktivitasnya, bank komersial menawarkan berbagai bentuk produk finansial. Contoh jenis komersial ini misalnya kredit usaha, pinjaman, tabungan, deposito, dan produk investasi.


3. Barter Komersial

Jenis komersial berikutnya adalah barter komersial, suatu bentuk aktivitas komersial yang mempunyai kaitan dengan jasa, produk, maupun uang guna memperoleh profit. Contoh sederhana dari barter komersial, yaitu mal dan bank. 


Baca juga: Penjelasan dan Manfaat 7P dalam Pemasaran serta Contoh Penerapannya saat Menjalankan Bisnis


4. Siaran Komersial

Berbeda lagi dengan siaran komersial, yaitu aktivitas penyiaran yang dilakukan oleh perusahaan media milik swasta dengan tujuan untuk mengambil keuntungan. Contoh dari jenis komersial ini, seperti radio atau televisi.


5. Paper Komersial

Paper komersial artinya sekuritas pasar, bisa dalam bentuk surat promes yang tidak punya jaminan. Surat ini dikeluarkan oleh perusahaan besar, bisa juga lembaga finansial. Kata komersial dalam jenis tersebut menandakan kalau surat berharga ini sengaja dikeluarkan untuk kebutuhan perniagaan. Contohnya, deposito, cek, draft bank, surat sanggup bayar, dan lainnya. 


6. Software Komersial

Terakhir, ada perangkat lunak atau software komersial. Ini adalah perangkat lunak yang terdapat di dalam komputer. Supaya bisa memasang dan mendapatkan fungsinya, kamu terlebih dahulu harus melakukan pembelian lisensi resmi. Misalnya, perangkat lunak berbayar yang merupakan produk dari Microsoft atau Adobe.


Jadi, komersial artinya aktivitas yang berhubungan erat dengan perdagangn, ibarat proses jual beli antara penjual dan pembeli untuk mendapatkan keuntungan. Namun, keuntungan besar sebenarnya tidak lepas dari strategi yang tepat, dan operasional yang lancar.

Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi Labamu. POS Kasir, Kelola Stok, dan Pembuatan Laporan, serta fitur lainnya akan memastikan operasional bisnismu berjalan lancar. Yuk, pakai Labamu!

Artikel Menarik Lainnya

Kurs adalah: Jenis, Faktor, Dampak, dan Cara Menyiasatinya

Kurs adalah: Mengenal Nilai Tukar Mata Uang dan Dampaknya bagi Bisnis

20 Juni 2025

Produk digital adalah: Pengertian dan Contohnya yang Penting Diketahui

Produk Digital adalah Peluang Bisnis yang Menjanjikan, Ini Contohnya

19 Juni 2025

7 Rekomendasi Saham Jangka Panjang dan Tips Memilihnya

7 Rekomendasi Saham Jangka Panjang yang Cocok Dimiliki saat Ini

17 Juni 2025

Komunitas Bisnis: 7 Manfaat Jika Bergabung di Dalamnya!

7 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis, Bisa Membuat Kamu Tumbuh Bersama Anggota Lainnya!

18 Juni 2025

Tantangan UMKM​, Bisakah Dibantu oleh Komunitas Bisnis?

Berbagai Tantangan yang Dihadapi UMKM​, Mengapa Komunitas Bisnis Bisa Jadi Salah Satu Solusinya?

16 Juni 2025

8 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Barang, Pebisnis Wajib Tahu!

8 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Barang dan Keunggulannya

13 Juni 2025

7 Ilmu Bisnis yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

7 Ilmu Bisnis yang Wajib Diketahui Pemula agar Bisnis Lancar

11 Juni 2025

Produk Branding: Unsur dan Manfaatnya untuk Eskalasi Bisnismu

Pentingnya Branding Produk, Cari Tahu Apa yang Harus Dikerjakan!

10 Juni 2025

Perkembangan Bisnis = Kepercayaan Pelanggan, Caranya?

Bisa Dipercaya Pelanggan Penting untuk Perkembangan Bisnis, Ini Cara Melakukannya!

9 Juni 2025

Branding UMKM Tak Perlu Modal Besar, Ini 4 Tipsnya!

4 Tips Branding Untuk Bisnis UMKM​, Tak Perlu Keluar Uang Banyak!

9 Juni 2025

Jangan Langsung Gas! Ini Keuntungan dan Risiko Ekspansi Bisnis

Ekspansi Bisnis adalah: Keuntungan dan Risikonya

5 Juni 2025

Panduan Praktis Laporan Perubahan Modal: Pengertian sampai Contohnya

Laporan Perubahan Modal: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

4 Juni 2025

Top-Banners-D-Default.webp
Top-Banners-D-Default-Mobile.webp

Coba Gratis!

Premium Member 14 Hari

Buat kamu yang baru, nikmati fitur lengkap untuk bantu kembangkan usaha

Banner-Free-Trial-V2-2.webp
bottom of page