top of page

CoA: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis

6 Juni 2024

Bagikan Artikel Ini

Dalam bisnis, terlebih yang berhubungan dengan bidang akuntansi, Chart of Accounts atau CoA adalah suatu konsep yang begitu krusial. Inilah sebabnya, memahami CoA lebih mendetail menjadi kunci dalam pengelolaan finansial bisnis dengan efektif dan efisien. 

Artikel ini akan membahas tentang apa itu CoA, jenis-jenisnya, dan manfaat yang bisa didapatkan untuk pebisnis yang menerapkan konsep ini. 

Apa Itu CoA?



Jadi, CoA adalah daftar keseluruhan akun finansial yang dipakai oleh suatu bisnis atau perusahaan. Inilah mengapa, CoA juga disebut dengan Daftar Rencana Akun. 

Dalam hal ini, semua transaksi finansial yang dilakukan selanjutnya akan dikelompokkan dalam kategori khusus.

Tujuannya adalah membantu perusahaan lebih mudah saat memahami sekaligus menganalisis transaksi. Biasanya, CoA termasuk akun aset, ekuitas, kewajiban, pemasukan, serta pengeluaran. 


Jenis-Jenis CoA



Agar lebih mudah dalam memantau transaksi, CoA terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu: 

  • Aset. Termasuk keseluruhan properti dan nilai yang ada pada perusahaan, tidak terkecuali inventaris dan kas.

  • Kewajiban. Termasuk keseluruhan utang serta kewajiban finansial yang merupakan tanggung jawab perusahaan, tidak terkecuali utang bisnis maupun pinjaman. 

  • Ekuitas. Jenis CoA ini mendefinisikan tentang nilai bersih suatu bisnis, tidak terkecuali modal dari pemilik usaha serta keuntungan maupun kerugian yang masih belum direalisasikan. 

  • Pemasukan. Jenis CoA ini berupa catatan untuk seluruh pemasukan atau pendapatan uang, tidak terkecuali hasil penjualan dari produk serta jasa. 

  • Pengeluaran. Termasuk keseluruhan biaya maupun pembelanjaan yang dilakukan oleh perusahaan guna melakukan aktivitas operasional sehari-hari. Ini termasuk belanja bahan baku, proses produksi, distribusi, hingga penggajian karyawan. 


Manfaat Penerapan CoA untuk Bisnis



CoA adalah aspek penting dalam keuangan yang tak boleh dilewatkan oleh setiap perusahaan. Pasalnya, menerapkan CoA memberikan beberapa keuntungan bagi bisnis, seperti:


1. Memantau keuangan dengan lebih efisien

Implementasi CoA dengan tepat dan jelas tak hanya dapat membuat perusahaan lebih mudah dalam mengatur setiap transaksi, tetapi juga memantau setiap transaksi dengan lebih efisien dan tertata. 

Tidak hanya itu, penerapan CoA juga membuat pemilik usaha sekaligus manajemen yang terkait dapat memantau keadaan finansial perusahaan secara langsung atau real time. 


2. Analisis finansial yang lebih mendalam

Selain itu, CoA juga membuat perusahaan dapat melakukan analisis kinerja finansial secara lebih mendetail atau mendalam. Ini karena terdapat pemisahan atau batasan yang jelas dari setiap jenis CoA.

Jadi, perusahaan bisa mengenali semua area yang membutuhkan perhatian atau perbaikan lanjutan, dan bagian mana yang sudah bekerja optimal. 


3. Pelaporan keuangan yang lebih mudah

Manfaat lain yang bisa didapatkan saat menerapkan CoA dalam bisnis adalah kemudahan untuk membuat laporan finansial yang lebih terstruktur dan akurat. Aspek ini begitu penting dalam kaitannya dengan memenuhi kewajiban pelaporan kepada semua pihak yang berkaitan, misalnya pajak, lembaga finansial, dan investor. 


4. Memiliki pemahaman finansial yang lebih baik

Dengan memahami secara mendetail akan CoA, perusahaan juga dapat mempunyai pengetahuan yang lebih baik dan luas terhadap banyak aspek finansial. 

Ini termasuk arus kas atau cash flow, kemungkinan keuntungan atau disebut juga profitabilitas dan finansial perusahaan secara menyeluruh. 

Dengan demikian, perusahaan dapat menentukan langkah maupun kebijakan yang strategis dan tepat yang berkaitan dengan pertumbuhan serta perkembangan bisnis secara kontinyu. 


5. Pemantauan pajak yang lebih mudah

Terakhir, CoA juga membantu perusahaan dalam mencatat sekaligus melaporkan transaksi yang memiliki hubungan dengan pajak jadi lebih mudah. Ini termasuk seluruh pengeluaran atau belanja yang bisa dikategorikan sebagai potongan pajak. 

Melalui CoA yang tertata dan terstruktur, perusahaan bisa menjamin bahwa mereka telah patuh dengan aturan pajak dengan tepat.


6. Memudahkan dalam menyunting data

Dalam bidang akuntansi, aktivitas melakukan pengubahan atau menyunting catatan yang pernah ditulis sebelumnya adalah hal yang lumrah terjadi. 

Nah, adanya CoA memiliki kegunaan untuk membuat aktivitas penyuntingan maupun perbaikan catatan laporan akan menjadi lebih mudah.

Pasalnya, semua akun laporan perusahaan dikategorikan sesuai dengan kelompoknya yang membuat laporan akan lebih mudah untuk ditemukan. 


Jadi, kamu sudah tau kalau CoA adalah hal penting dalam keuangan bisnis. Inilah sebabnya, kamu harus memastikan bahwa semua akun yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis bisnis dalam pengelolaan CoA. 

Ini karena CoA yang diatur dengan tepat bisa menjadi pondasi yang kokoh untuk kesuksesan finansial perusahaan. 

Oleh karena itu, menjadi hal yang wajib dilakukan untuk pemilik usaha dan ahli akuntansi untuk mendalami semua ilmu pengetahuan dan praktik tentang CoA. 

Jika ingin bisnis lebih efisien dan berkelanjutan, menerapkan CoA dengan bijak merupakan tahapan awal yang tidak boleh untuk dilewatkan. 

Melalui pemahaman yang komprehensif tentang apa itu CoA, jenisnya, dan manfaatnya untuk perusahaan, setiap pemilik usaha bisa terus membuat keputusan yang tepat karena percaya dapat mengelola finansial perusahaan lebih baik lagi.

Selain memahami CoA, penting pula bagi pemilik bisnis untuk mengelola semua transaksi keuangan. Salah satu cara mudah untuk mengoptimalkan transaksi adalah melalui aplikasi Labamu. 

Fitur POS Kasir pada aplikasi ini dapat membantu membuat setiap transaksi yang masuk menjadi lebih sederhana dan terorganisir.

Tak hanya itu, aplikasi Labamu juga menawarkan berbagai fitur lain yang membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. 

Kamu bisa mengelola bahan baku dengan optimal dan tak kalah menariknya, aplikasi ini bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja dengan adanya versi desktop. 

Ingin bisnis berkembang optimal? Yuk, pakai Labamu!


bottom of page