top of page

Kelola Menu Kopi di Bisnis Cafe​ dengan Fitur Modifier dari Labamu, Bisa Berikan Pilihan Ekstra untuk Pelanggan!

20 Mei 2025

update labamu

Bagikan Artikel Ini

Salah satu alasan utama seseorang membuat bisnis adalah kecintaannya pada sesuatu. Jika kamu memiliki bisnis cafe, mungkin kamu menyukai berinteraksi dengan orang-orang dan tentu saja kopi yang nikmat.

Nah, dalam bisnis cafe yang mayoritas menunya adalah kopi, kamu harus menciptakan menu kopi yang mampu mendorong loyalitas pelanggan dan mendukung tujuan bisnis kamu.

Pastikan menu terencana dengan baik dan lebih dari sekadar daftar minuman, misalnya pelanggan bisa memilih apakah kopi yang dipesannya memiliki lebih sedikit gula atau less sugar dan lebih sedikit es atau less ice.

Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara membuat menu kopi terbaik untuk bisnis cafe yang kamu miliki.


Selaraskan Menu dengan Tujuan Bisnis

Menu kopi yang hebat bukan hanya tentang minuman. Ini adalah alat strategis yang mendukung kesuksesan jangka panjang bisnis cafe yang kamu miliki. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Membangun basis pelanggan setia? Tawarkan racikan kopi berkualitas tinggi yang konsisten dan dapat diandalkan pelanggan.

  • Menampilkan kopi langka dan eksklusif? Berikan penawaran kopi single-origin untuk menciptakan rasa penasaran pelanggan.

  • Berekspansi ke grosir? Fokuslah pada racikan yang dapat dijadikan skala yang bisa dibeli oleh kafe dan toko bahan makanan yang berpotensi menjadi mitra.

Menyelaraskan menu dengan tujuan bisnis ini akan membantu kamu menciptakan model berkelanjutan bagi bisnis cafe yang dijalani.


Baca juga: Food Court adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Restoran


Petakan Menu Kopi



Sekilas, membuat menu kopi mungkin tampak mudah. Namun, selain memilih minuman, kamu harus menentukan profil rasa, strategi harga, dan pendekatan yang mendukung brand kamu.

Untuk memulainya, atur menu kopi ke dalam dua kategori utama, yaitu:


1. Pilihan Minuman

Beberapa pilihan minuman kopi yang bisa disajikan adalah sebagai berikut.

  • Batch Brew: Tulang punggung sebagian besar kedai kopi yang menawarkan konsistensi dan efisiensi.

  • Espresso: Latte, cappuccino, dan moka merupakan inti dari menu berbasis espresso.

  • Pour Over: Ideal untuk menyoroti kopi-kopi unik yang berasal dari satu tempat.

  • Kopi Dingin: Es latte dan es kopi umumnya memiliki permintaan tinggi sepanjang tahun.

  • Decaf Options: Menyediakan kopi tanpa kafein yang berkualitas untuk memastikan aksesibilitas bagi semua pelanggan.


2. Profil Rasa dan Kopi

Setelah memilih jenis kopi apa yang akan dijual, sekarang saatnya untuk menentukan bagaimana rasanya. Tanyakan pada diri sendiri beberapa hal ini:

  • Apakah kamu menginginkan menu yang mudah disukai banyak orang atau pilihan yang lebih menantang?

  • Rasa apa yang menentukan bisnis cafe yang kamu miliki, apakah memprioritaskan rasa manis dan cokelat, buah dan cerah, atau keseimbangan keduanya?

  • Bagaimana situasi persaingan lokal untuk memperkenalkan rasa yang baru dan unik?


Tentukan Menu Kopi di Bisnis Cafe Kamu

Dengan daftar minuman dan strategi rasa yang jelas, sekarang saatnya menentukan kopi yang tepat untuk menu di bisnis cafe kamu. Pilihannya adalah sebagai berikut.


1. Blends vs. Single Origins

Jika blends sangat bagus untuk konsistensi dan daya tarik yang lebih luas, terutama untuk minuman batch dan espresso, single origins justru ideal untuk menonjolkan rasa yang unik, penawaran yang berganti, dan minuman khusus.

Sebagian besar bisnis cafe yang sukses dimulai dengan:

  • House blend untuk kopi drip.

  • Racikan espresso khusus.

  • Dua atau tiga kopi single-origin yang bergantian.

  • Pilihan kopi tanpa kafein atau decaf yang berkualitas.


2. Tingkat Roasting Kopi

Ada tiga tingkatan yang bisa kamu pilih untuk kopi yang akan dijual, yaitu:

  • Light: Warnanya cerah seperti teh dan beraroma buah-buah. Cocok untuk pour over dan kopi single-origin.

  • Medium: Seimbang dengan rasa manis karamel, yang ideal untuk espresso dan minuman batch.

  • Dark: Rasa yang kuat dan kaya, cocok untuk peminum kopi tradisional dan espresso tertentu.

Pastikan kamu memilih kopi yang memang banyak diminati oleh pelanggan.


Baca juga: Aplikasi Kasir Terbaik Pilihan Pengusaha UMKM


Kembangkan Menu dari Waktu ke Waktu



Menu pertama kamu tidak akan menjadi yang terakhir. Kamu harus menyesuaikan diri sambil belajar dari preferensi pelanggan, ketersediaan kopi musiman, dan tren pasar.


Perhatikan hal berikut saat mengembangkan menu kopi yang dimiliki:

  • Umpan balik pelanggan untuk menyempurnakan penawaran.

  • Musim kopi untuk memperkenalkan pilihan yang segar dan menarik.

  • Pergeseran pasar untuk mempertahankan harga dan pilihan yang kompetitif.

Kuncinya adalah tetap fleksibel dengan tetap menawarkan menu kopi yang menjadi andalan bisnis cafe kamu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelanggan pilihan ekstra seperti level gula atau topping tambahan, yang menjadi cara mudah untuk membuat pelanggan lebih puas! 

Misalnya saja, kamu bisa memberikan pilihan kepada pelanggan untuk memesan menu Kopi Senja dengan Ice Normal, Less Sugar, dan Extra Topping Vanilla Syrup. Mungkin terlihat rumit, tetapi dengan menggunakan aplikasi Labamu, kamu bisa melakukannya.

Perkenalkan Modifier, fitur yang membuat kamu bisa memberikan pilihan ekstra kepada pelanggan tanpa perlu mengubah-ubah Produk yang sudah tersedia di dalam fitur Menu.


Berikut adalah Keuntungan menggunakan fitur Modifier di Labamu:  

  • Pelanggan lebih puas karena bisa pilih menu sesuai selera.  

  • Penjualan lebih tinggi dengan variasi opsi yang lebih lengkap.  

  • Praktis tanpa perlu input Produk baru.  

  • Fleksibel dihubungkan ke berbagai Produk yang tersedia.  


Sangat menarik, bukan? Jika kamu ingin menggunakan fitur Modifier ini di Labamu, berikut langkah-langkahnya:

  • Login melalui Labamu Desktop https://desktop.labamu.co.id/

  • Pilih menu Kelola Produk, lalu buka fitur Modifier di kolom bagian atas.

  • Pilih “+Modifier Baru”, lalu isi kolom Nama Modifier dan detail lainnya sesuai dengan pilihan ekstra yang ingin diberikan ke pelanggan.

  • Menu baru kamu siap dijual. 


Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan fitur Modifier dari Labamu ini agar pelanggan lebih puas dengan menu kopi yang dipesan di bisnis cafe kamu. Fitur ini tersedia gratis untuk semua member Premium dan Pro di Labamu.

Lalu, pastikan juga kamu bergabung dengan LabamuHub dari Labamu untuk membangun koneksi dan berkolaborasi dengan tujuan #TumbuhBersama anggota UMKM lainnya yang sudah menjadi anggota.

Dengan bergabung ke komunitas bisnis ini, kamu diharapkan memiliki one-stop solution untuk membantu mengembangkan usaha dan go digital. Apalagi di sini kamu bisa mendapatkan ilmu bisnis baru dengan mengikuti onboarding, training, dan berbagai workshop.

Yuk, segera bergabung dengan LabamuHub dari Labamu!

Hewan Kurban Bisa Jadi Bisnis Untung, Ini 6 Tipsnya!

Bisnis Hewan Kurban Juga Bisa Menguntungkan, Ini 6 Tips Menjalankannya!

22 Mei 2025

Labamu x Everpro x Rumah BUMN Bandung: Bersama Mendorong Pertumbuhan UMKM Indonesia

Labamu x Everpro x Rumah BUMN Bandung: Solusi Lengkap Bikin UMKM Makin Cuan

21 Mei 2025

Bisnis Cafe: Menu Kopinya Harus Bisa Puaskan Pelanggan!

Kelola Menu Kopi di Bisnis Cafe​ dengan Fitur Modifier dari Labamu, Bisa Berikan Pilihan Ekstra untuk Pelanggan!

20 Mei 2025

Digital Marketing adalah: Panduan Praktis Belajar Serbi-serbi Pemasaran Jaman Now

Digital Marketing adalah: Senjata Bisnis di Era Serba Online

19 Mei 2025

Kolaborasi Labamu x LiftWomen: Perempuan Berdaya, Ekonomi Bangkit

Labamu x LiftWomen: Saatnya Perempuan UMKM Naik Kelas dan Berdaya

16 Mei 2025

Jurnal Umum: Pengertian, Manfaat, sampai Tips Membuatnya

Jurnal Umum: Fondasi Catatan Keuangan yang Wajib Dikuasai UMKM

15 Mei 2025

HPP adalah: Mulai Pengertian sampai Cara Menghitung Step-by-Step

HPP adalah: Pengertian, Manfaat, dan Step-by-Step Perhitungannya

14 Mei 2025

Komunitas UMKM untuk Apa? Ini 8 Manfaatnya bagi Bisnis

8 Manfaat Bergabung dengan Komunitas UMKM, Bisa Membuat Bisnis Semakin Berkembang!

13 Mei 2025

e-Payment, Cara Bayar agar Bisnis Hemat Waktu dan Uang!

e-Payment Membuat Bisnis Hemat Waktu dan Uang, Ketahui Juga Kelebihan dan Kekurangannya!

12 Mei 2025

Procurement Artinya Apa? Ini Bedanya dengan Purchasing!

Apa Artinya Procurement dan Bedanya dengan Purchasing? Ini Penjelasannya!

9 Mei 2025

7 Contoh Transaksi Perusahaan Jasa dan Buktinya

7 Contoh Transaksi Perusahaan Jasa dan Buktinya, Penting untuk Dicatat!

8 Mei 2025

Kepuasan Pelanggan adalah Salah Satu Penentu Keberhasilan Bisnis.

Kepuasan Pelanggan adalah: Faktor dan Indikatornya yang Perlu Diketahui

7 Mei 2025

PopUp-LabamuHub-LEadGen-Default-Horizontal.webp
PopUp-LabamuHub-LEadGen-Top-Default.webp

Coba Gratis!

Premium Member 14 Hari

Buat kamu yang baru, nikmati fitur lengkap untuk bantu kembangkan usaha

Banner-Free-Trial-V2-2.webp
bottom of page